Indonesia Bakal Punya ‘Silicon Valley’

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sinar Mas Land agaknya sangat serius mempersiapkan anak muda Indonesia di era digital saat ini. Perusahaan tersebut kini ternyata tengah membangun kawasan industri digital seperti "Silicon Valley" yang dimiliki Amerika tepatnya di BSD City Tangerang Banten.

Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap kepada KRjogja.com Jumat (28/7/2017) mengungkap BSD City sebagai kota mandiri memiliki beragam keunggulan karena dikembangkan dengan perencanaan matang dengan berbagai fasilitas serta infrastruktur terbaik penunjang operasional perusahaan start-up hingga tech leader berbasis IT dan teknologi digital. Digital Hub menurut dia akan mengarahkan BSD City menjadi salah satu kawasan new digital economi yang akan diperhitungkan di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

"Digital Hub merupakan inovasi Sinar Mas Land untuk mewujudkan transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city di Tanah Air serta menjawab kebutuhan masyarakat di era informasi teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur jaringan telekomunikasi yang mumpuni, fasilitas lengkap serta berlokasi strategis dan multi akses. Pembangunan kawasan digital hub seluas 25,86 hektare yang berlokasi tepat di bagian selatan Green Office Park, BSD City sudah dimulai," ungkapnya.

Irawan berharap kehadiran Digital Hub dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri berbasis IT dan teknologi digital Indonesia, terlebih pemerintah di bawah Presiden Jokowi juga sedang fokus mendorong pertumbuhan industri tersebut. "Kawasan Digital Hub ini nantinya akan didedikasikan sebagai 'Silicon Valley'-nya Indonesia, akan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi digital mulai dari perusahaan startup, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science dan industri kreatif seperti animasi film dan games," sambungnya.

Digital Hub BSD City ini nantinya dikembangkan dengan konsep mixed use yang terdiri atas fasilitas, sarana prasarana bisnis, retail, dan lifestyle. Keberadaan fasilitas tersebut dinilai bakal memperkuat peran Digital Hub sebagai lokasi sentra usaha dan tempat strategis bagi perusahaan teknologi, start-up companies dan komunitas digital.

"Saat ini berbagai tenant di bidang IT, seperti Huawei, Apple Research and Development Center, MyRepublic, Sale Stock, Orami, EV Hive, Purwadhika, GeeksFarm dan Plug and Play telah hadir di BSD City dan akan berkantor di kawasan Digital Hub pada 2019," imbuh Ratna Paraswati Project Promotion Manager Sinar Mas Land. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI