Industri Sleman Tak Miliki IPAL Komunal

SLEMAN (KRjogja.com) – Sektor industri di Kabupaten Sleman selama ini belum memiliki Instalasi pembuangan air limbah (IPAL) komunal. Selama ini limbah pabrik dikelola secara mandiri.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sleman Purwanto mengatakan, pemerintah memang selama ini belum menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan limbah industri. Padahal jika pemerintah yang menyediakannya, akan lebih terkontrol dimana limbah tersebut dibuang.

"Jangan sampai hasil pengolahan limbah industri dimanfaatkan untuk kepentingan yang tidak baik. Di Sleman ada dua industri tekstil yang menghasilkan limbah cair," katanya, Kamis (18/08/2016).

Menurutnya, untuk limbah paling banyak dihasilkan oleh industri skala rumahan seperti laundry dan tahu-tempe. Untuk limbah tahu dibuang di Margoagung Kecamatan Seyegan. Dan semuanya dikelola masyarakat. Sedangkan untuk limbah laundry, dikelola oleh pemilik laundry sendiri.

Saat ini Pemkab Sleman tengah menggalakan IPAL komunal. Karena menurutnya, IPAL komunal sangat membantu menurunkan kadar bakteri E-Coli di Sleman. (Awh)

BERITA REKOMENDASI