Ingatkan Curanmor, Polisi Blusukan ke Sawah

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pencurian sepeda motor (curanmor), menjadi salah satu atensi petugas Polsek Seyegan untuk diantisipasi. Polisi bahkan turun ke sawah mengingatkan para petani agar tidak lalai mengamankan kendaraan mereka saat ditinggal beraktivitas.

Kapolsek Seyegan AKP Darmana didampingi anggota Bhabinkamtibmas Desa Margoagung, Aiptu S Dahlan mengatakan, persawahan juga rawan kriminalitas. Salah satu yang menjadi perhatian adalah pencurian kendaran bermotor milik para petani.

“Para petani harus lebih berhati-hati dalam memarkirkan kendaraan bermotornya saat ditinggal menggarap sawah. Pastikan motor terparkir di tempat yang dapat dipantau dan harus dipastikan sudah dikunci,” ungkap Darmana dikonfirmasi, Senin (19/04/2021).

Untuk mengingatkan hal itu, ungkap Darmana, ia menerjunkan anggota Bhabinkamtibmas langsung turun ke sawah. Tujuannya, agar pesan kamtibmas yang ingin disampaikan bisa langsung sampai ke petani, sehingga kewaspadaan ditingkatkan.

Belajar dari kasus curanmor di sawah, lanjutnya, pencuri biasanya memanfaatkan waktu saat petani sibuk menggarap sawahnya. Bahkan kadang, kelalaian petani dengan tidak mengunci sepeda motor atau lupa tidak mencabut kuncinya, menjadi penyebab terjadinya pencurian. “Jika jarak sawah dengan lokasi parkir jauh, silakan motor diberikan kunci pengaman tambahan,” ucapnya.

Aiptu S Dahlan menambahkan, Desa binaannya terdiri 12 padukuhan yang sebagian besar wilayahnya merupakan lahan pertanian. Selama terjun ke sawah, ia masih mendapati petani yang abai dalam menjaga kendaraannya saat ditinggal ke sawah. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI