Ini Dia Belis, Becak Listrik dari UGM

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM bersama Innovation Center for Automatic (ICA) Kamis (20/12/2018) memperkenalkan Becak Listrik (Belis). 12 unit Belis mulai dioperasikan di area UGM tepat menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Sutaryo Ketua II Paguyuban Belis mengungkap ada 12 orang yang kali ini mendapatkan Belis di tahap pertama. Becak listrik tersebut menurut dia diberikan gratis dengan catatan setoran Rp 5 ribu perhari.

“Ini gratis tapi kami setor Rp 5 ribu perhari untuk biaya perawatan dan dana bergulir untuk menambah unit lagi bagi rekan yang belum dapat. Sementara ini 12 unit becak beroperasi di sekitaran kampus UGM,” ungkapnya.

Menurut Sutaryo momen peluncuran kali ini dirasa tepat mengingat tak lama lagi Yogyakarta bakal menghadapi masa libur panjang Natal dan Tahun Baru. “Pas sekali bisa  dikenalkan ke wisatawan di momen liburan, ya kami antusias sekali,” imbuhnya lagi.

Belis sendiri menggunakan tenaga baterai dengan tetap mempertahankan kayuh. Bentuk Belis pun tidak berubah mempertahankan ciri khas becak di Yogyakarta.

UGM sendiri berupaya menambah unit Belis untuk membantu masyarakat mendapatkan manfaat ekonomi serta mengembalikan daya tarik becak di era modern saat ini. UGM pun siap berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti yang telah dilakukan perdana bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN). (Fxh)

BERITA REKOMENDASI