Ini Kendaraan Tempur Pelempar Roket Terbaru Milik TNI

SLEMAN (KRjogja.com) – Alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI dipamerkan di Jogja City Mall 15-17 Agustus 2016. Lebih dari 200 jenis peralatan tempur sengaja di display untuk mendekatkan diri pada masyarakat.

Ada satu kendaraan tempur yang cukup menarik dan baru kali ini yakni Kendaraan Peluncur Roket (Universal Multiple Launcher AV-LMU) buatan Brazil. Kendaraan tempur yang baru diterima pihak Indonesia pada 2014 ini tergolong paling baru dibandingkan dengan alutsista lainnya yang dipamerkan di JCM.

Cukup mengesankan, peluncur roket ini bisa menembak dengan kecepatan 16 detik dan kembali mengisi ulang 8-12 menit kemudian. Tak hanya itu, kendaraan ini bisa menjelajah lebih dari 650 kilometer dan melintasi air sedalam 1.2 meter tanpa masalah.

"Dua minggu lalu baru saja diujicobakan di Ambal, jadi masih sangat baru untuk alutsista kita. Kami pamerkan agar masyarakat mengetahui alokasi pajak yang dibayarkan," ungkap Letkol Infantri Riyanto Kasiop Korem 072 Pamungkas yang menjadi koordinator pameran.

Di JCM, masyarakat banyak yang kemudian mengabadikan diri di atas kendaraan pelempar roket tersebut. Anak-anak juga tak takut untuk naik ke atas truk seberat 24 ton ini.

Kamu yang ingin melihat langsung kendaraan-kendaraan tempur milik TNI bisa langsung menuju JCM hingga 17 Agustus besok. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI