Inisiasi Kampung Aloevera di Lungguhrejo Turi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Warga Dusun Lungguhrejo Wonokerto Turi Sleman dilatih budidaya tanaman aloevera atau yang dikenal lidah buaya menjadi berbagai produk olahan bernilai ekonomis tinggi. Ke depan Lungguhrejo akan dijadikan sebagai Kampung Aloevera, wisata edukasi dan industri kreatif olahan aloevera.

Inisiasi kampung aloevera ini dilakukan oleh warga bersama CV Berdikari Etos Sejahtera dan Omah Workshop Ma’e Etty Yogyakarta didukung akademisi (Universitas Janabadra), perbankan (Bank BPD DIY) dan mendapat perhatian dari Totok Hedi Santosa, selaku Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY.

Ma’e Etty, trainer wirausaha yang telah meriset 300 olahan aloevera mengatakan, aloevera memiliki potensi besar dikembangkan di Sleman, khususnya Dusun Lungguhrejo yang memiliki tanah subur. Keunggulan lainnya, budidaya tanaman aloevera cukup mudah dan bernilai ekonomis.

“Turi memang dikenal sebagai sentra salak pondoh, namun begitu perlu usaha alternatif di luar pertanian salak pondoh. Inilah yang mendasari lahirnya konsep inisiasi Kampung Aloevera di Lunggungrejo dengan sistem pemberdayaan masyarakat,” terang Ma’e Etty kepada wartawan disela acara inisiasi Kampung Aloevera di Dusun Lunggungrejo, Rabu (17/12/2021).

BERITA REKOMENDASI