ITNY Gelar Mining Expo, Pelajari Teknologi Pertambangan

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Tambang (HMTA) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar agenda Mining Expo: Mining Method & Technology for the Future. Agenda diadakan di Student Center Lantai 3, Kampus ITNY, Babarsari Sleman, Senin (21/3/2022) lalu.

Mining Expo menghadirkan sejumlah perusahaan pertambangaan di Indonesia, diantaranya PT Freeport Indonesia, PT Pakubumi Inti Mineral, UVEX Safety Singapore PTE LTD, PT Redpath Indonesia dan PT Orica Mining Services Indonesia. “Kegiatan ini memang agenda rutin setiap tahun, meski sudah berganti kepengurusan,” ungkap Raihan Raysid Darus, Penanggung Jawab Mining Expo HTMA 2022, Rabu (23/03/2022).

Dijelaskan Raihan, adanya Mining Expo ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan lebih kepada mahasiswa yang hendak terjun menjadi penambang-penambang andal di industri. “Di sini, perwakilan perusahaan memberikan gambaran tentang metode, teknologi dan alat pertambangan yang digunakan di perusahaan,” ujarnya.

Mining Expo, mahasiswa juga bisa melihat perbedaan kuliah pertambangan di kampus dan di industri. “Tentu ada perbedaan belajar di kampus dan di dunia tambang beneran. Kami pernah beberapa kali kuliah lapangan, rasanya beda. Ini jadi bahan belajar buat mahasiswa juga,” ucapnya.

Sementara, Anwar Muwajjaha Ketua HTMA ITNY 2022 mengatakan, dirinya ingin memberikan saran kepada mahasiswa baru yang akan duduk di kursi himpunan agar bisa menggandeng lebih banyak perusahaan saat melakukan pameran pertambangan. “Banyak sektor yang belum digali sama mahasiswa. Misal kayak UVEX ini, mereka ada untuk dunia tambang karena menjual alat-alat keselamatan para pekerja,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI