YIA-Yogya-Borobudur Terhubung Shuttle Eksklusif

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kementrian Perhubungan, Perum Damri, Angkasapura dan Sleman City Hall memperkenalkan angkutan antarmoda menghubungkan Yogyakarta International Airport (YIA) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur khususnya melalui Kabupaten Sleman, Kamis (30/1/2020). Lima jalur disiapkan untuk memudahkan mobilitas masyarakat ke bandara baru dan lokasi wisata menarik. 

Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Budi Setiadi secara langsung memperkenalkan angkutan tersebut di halaman SCH. Menurut dia, untuk sementara ada dua rute dari Yogyakarta ke YIA dengan 21 armada angkutan di dua pool.  “Rute pertama SCH-Kompleks Pemda Sleman-Terminal Jombor-YIA sementara rute kedua YIA-Ambarketawang-Wirobrajan-UGM-Jalan Affandi-Hartono Mall. Untuk total armada 21 dengan jarak antar keberangkatan 20 menit sekali,” ungkapnya usai peresmian. 

Untuk satu tahun pertama ini, Kemenhub memberikan subsidi Rp 9 miliar untuk operasional angkutan yang dioperasikan oleh Perum Damri. “Jadi, untuk tarifnya Rp 25 ribu sekali jalan dari Yogyakarta menuju YIA atau sebaliknya juga sama harganya. Harapannya bisa membantu masyarakat agar mudah sampai ke bandara baru,” tandas dia. 

Sementara Direktur Utama Perum Damri, Setia N Milatia Moemin menambahkan selain dua rute yang diperkenalkan ada tiga lainnya untuk mendukung kawasan wisata Borobudur. Damri berharap masyarakat semakin mudah untuk bermobilitas dari Yogyakarta ke YIA atau kawasan wisata Borobudur. 

“Ada beberapa opsi lain yakni YIA-Tebing Gunung Gajah-Goa Kiskendo-Plono-Samigaluh-Jalan Nanggulan Mendut-Candi Borobudur (via Menoreh), YIA-Wates-Nanggulan-Dekso-Candi Borobudur dan Candi Borobudur-Terminal Muntilan-Terminal Jombor-Grand Inna Malioboro untuk mendukung ekosistem wisata,” ungkapnya. 

Damri menurut Milatia sedang berusaha mengupayakan kemudahan lainnya bagi penumpang yakni city check in. “Kalau masuk lounge Damri ini sekalian bisa check in jadi lebih mudah. Ini harapannya bisa dilakukan dan kami masih terus berkoordinasi dengan Angkasapura,” ungkapnya lagi. 

Bupati Sleman Sri Purnomo yang juga hadir mengapresiasi adanya angkutan antarmoda dari Sleman ke YIA. “Mudah-mudahan masyarakat bisa lebih mudah sampai ke bandara baru dan mendapat kepastian waktunya,” pungkas Sri Purnomo. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI