Jaga Kualitas Air dengan Gerakan Tanam Pohon Buah

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – DPRD Kabupaten mendorong adanya gerakan tanam buah di masyarakat. Tujuannya untuk menjaga kualitas air karena Kabupaten Sleman merupakan penyangga air di wilayah DIY.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Sleman Guntur Yoga Purnawan ST mengatakan, untuk menjaga kualitas air itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Namun semua masyarakat punya tanggung jawab dalam menjaga kualitas air.

“Kami sangat berharap peran serta masyarakat, khususnya warga Sleman. Soalnya Sleman itu sebagai daerah penyangga air,” kata Guntur, Rabu (26/07/2021).

Lebih lanjut dikatakan Guntur, peran serta masyarakat itu dapat diwujudkan gerakan menanam pohon buah di lingkungan rumahnya. Diantaranya mangga, jambu, alpukat, dan sejenisnya.

“Pohon buah selain bagus menyerap air juga bermanfaat bagi masyarakat. Dan kami berharap gerakan menanam pohon buah ini bukan hanya warga lereng Merapi, tapi semua warga sampai di tingkat RT/RW,” ucap sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Sleman itu.

Di samping itu, pihaknya juga mendorong kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk gencar dalam program penghijauan. Program itu tidak harus melibatkan orang banyak dan serentak. Namun Dinas Lingkungan Hidup dapat membagikan bibit kepada masyarakat untuk menanam pohon.

“Jadi dinas bisa mengadakan bibit pohon. Kemudian pohon itu bisa dibagikan ke masyarakat untuk ditanam, misalnya satu orang tanam satu. Kan nanti hasilnya juga bisa banyak. Langkah itu juga untuk mengajak masyarakat mencintai lingkungan sekitarnya,” saran Guntur. (Sni)

BERITA REKOMENDASI