Jaga Prokes, Donor Darah Tetap Aman Saat Pandemi Covid-19

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sleman menggelar donor darah akhir pekan lalu bertempat di ruang pantry Rumah Dinas Bupati Sleman.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Ikatan Dokter Indonesia ke-113 sekaligus Hari Kebangkitan Nasional.

Acara donor darah ini turut dihadiri Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. Ia menyambut baik serta mengapresiasi IDI Sleman yang telah menginisiasi kegiatan tersebut. Menurut Wabup hal ini akan membantu meningkatkan persediaan darah di kabupaten Sleman, yang mana di masa pandemi Covid-19 ini stok darah cenderung menurun.

 

“Saya harap kegiatan donor darah seperti ini terus diadakan secara bekelanjutan. Hal terpenting tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air sabun, menjaga jarak dan tidak menimbulkan kerumunan sampai memeriksakan diri bila mengalami gelaja yang sama dengan Covid-19, ucapnya.

 

Sementara itu, Ketua IDI Sleman, yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo, menuturkan bahwa masyarakat tak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi seperti saat ini. Bahkan, lanjutnya, bagi masyarakat yang pernah dinyatakan positif Covid-19 pun tetap bisa melakukan donor darah.

 

“Jadi bagi yang sudah biasa donor darah, di masa Covid-19 ini diharapkan tetap melanjutkan kebiasaan baiknya tersebut. Bagi yang belum pernah donor darah bisa segera dimulai”, kata Joko.

 

Lebih lanjut Joko menjelaskan kegiatan donor darah ini diikuti oleh 68 orang. Para peserta donor darah tersebut sebelumnya telah melakukan pendaftaran secara online. Namun pihaknya juga membuka pendaftaran secara offline di tempat pelaksaan donor darah.

Para pendonor darah tersebut selanjutnya diskrining sebelum diambil darahnya demi menghindari terjadinya penularan penyakit melalui darah pendonor. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI