Jalan Ambles di Gubeng, Menteri PUPR Siap Sanksi Pihak Bertanggungjawab

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kejadian jalan ambles sepanjang 100 meter di Jalan Raya Gubeng Surabaya Jawa Timur tepatnya di depan Rumah Sakit Siloam Selasa (18/12/2018) malam kemarin menjadi perhatian masyarakat luas. Beruntung dalam kejadian pukul 21.45 WIB tersebut tak ada korban jiwa lantaran kondisi jalan tengah sepi kendaraan. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan pihaknya telah menurunkan Tim Keselamatan Konstruksi untuk mencari penyebab pasti amblesnya jalan yang diduga karena pengaruh proyek besar di dekatnya. Meski bukan jalan nasional yang bukan kewenangan langsung pemerintah pusat namun Basuki menegaskan bahwa pihaknya bertanggungjawab atas konstruksi yang ada di Indonesia. 

“Kami turunkan tim Komite Keselamatan Konstruksi dan kalau ada sanksi kami menunggu rekomendasi mereka. Pasti harus ada yang bertanggungjawab,” tegas Basuki ketika ditemui wartawan di UGM Rabu (19/12/2018). 

Komite menurut Basuki kini tengah mengumpulkan data di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan seluruh pihak termasuk kepolisian. “Mereka akan berhubungan dengan polisi, siapa yang akan bertanggungjawab pasti akan jalan terus,” tegas Basuki yang baru saja menerima HB IX Award. 

Saat ini Kementrian PUPR sedang berfokus pada pengembalian fungsi jalan ambles agar bisa digunakan kembali. Jalan sementara bakal segera dibangun yang ditargetkan selesai beberapa hari kedepan. 

“Saya kira itu cepat, mudah dan lokasi di kota hanya ngglengser saja cepat diperbaiki agar bisa dilalui kendaraan. Saya kira hanya butuh beberapa hari saja,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI