Jalan Sehat, Semangat Satukan Warga Tanpa Membeda-Bedakan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tak sekedar menguras tenaga saja, tetapi jalan sehat juga sebagai sarana olahraga yang menyehatkan. Apalagi jika diikuti banyak orang, semakin menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

Seperti yang terlihat di Perumahan Tirta Buana Blok H Dusun Cepor Desa Sendangtirto Kecamatan Berbah Sleman, Minggu (25/08/2019), Tirta Buana Festival 2019 yang diinisiasi panitia dari warga Perumahan Tirta Buana Blok H ini punya dua tujuan yang ingin dicapai. Pertama, warga menjadi sehat karena berolahraga. Sedangkan yang kedua ingin menyatukan kebersamaan sesama warga Perum Tirta Buana dari Blok A sampai H.

"Selama ini Tirta Buana terbagi menjadi empat blok. Yakni blok A, B, C dan D. Kemudian Blok E, ada lagi Blok F dan G serta Blok H. Namun keempat blok itu belum pernah menjadi satu pada sebuah acara. Barulah pada Tirta Buana Festival 2019 ini semuanya bisa menyatu," ungkap Dukuh Cepor, Daroji dalam sambutannya.

Dengan menyatunya semua blok di Tirta Buana itu Dukuh Cepor berharap agar kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI tersebut bisa diadakan rutin setiap tahun dan bergantian untuk kepanitiannya. Pihaknya juga mengapresiasi dibentuknya Paguyuban Warga Tirta Buana (Pawarta) pada acara ini.

"Dengan dibentuknya Pawarta maka tidak ada lagi perbedaan antara blok satu dengan lainnya. Tetapi semua menjadi satu keluarga besar Tirta Buana sekaligus sebagai warga Dusun Cepor yang ingin mewujudkan kebersamaan bagi seluruh warga Desa Sendangtirto," tandas Daroji.

Usai dikukuhkan sebagai Ketua Pawarta, Sukiman menyatakan bahwa selama 15 tahun dia tinggal belum pernah diadakan kegiatan gabungan seluruh blok. "Sejak 2004 saya tinggal disini, baru kali ini semua bisa menyatu dan berbaur satu sama lain tanpa membedakan dari mana asalnya maupun profesinya. Jadi ini adalah bagian dari kebersamaan yang dimulai dari jalan sehat," terangnya.

Selain jalan sehat mengelilingi Dusun Cepor sejauh 2,5 km, acara juga diisi senam massal, berbagai pentas seni kreativitas anak dan warga serta pembagian lebih dari 230 doorprize. Tak heran jika warga sangat antusias karena panitia juga menyediakan belasan stand bazzar untuk membantu perekonomian warga. (Adk)

BERITA REKOMENDASI