Jalan Tol Berada di Selatan Flyover Jombor

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim persiapan pembangunan jalan tol Yogya-Solo mengadakan sosialisasi terhadap warga terdampak di Balai Desa Sinduadi Mlati Sleman, Senin (24/2/2020). Sosialisasi dilakukan terhadap warga Sinduadi sekaligus warga Sendangadi.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) DIY Krido Suprayitno menerangkan, warga sangat antusias saat sosialisasi. Termasuk memberikan usulan agar proses appraisal dilakukan secara kolektif dalam musyarawarah. Namun persoalan teknis ini menjadi hak otorita profesi appraisal.

“Warga meminta dilakukan secara kolektif mungkin dengan pertimbangan banyak yang dari luar. Nanti akan disampaikan setelah penetapan lokasi (penlok) terbit dari Gubernur. Nanti tim pelaksanaan mulai bekerja, pemasangan patok kemudian dilanjutkan dengan pendataan dan investarisasi,” terang Krido, Senin (23/2/2020) malam.

Krido menjelaskan, atas dasar pendataan dan inventarisasi dari tim pengadaan, tim appraisal akan menghitung. Ketika di lapangan harus didampingi pemilik tanah untuk mengetahui data yang berkaitan dengan penghitungan fisik dan non fisik.

Menurut Krido, lahan terdampak di Sinduadi ada 160 bidang dan yang hadir 170 orang sehingga hal ini membutuhkan validasi. Sedangkan lahan terdampak di Sendangadi ada 49 bidang, yang hadir sebanyak 40 orang. Sehingga 9 bidang ini perlu dilacak keberadaannya.

“Diharapkan hasil validasi bisa disempurnakan dalam waktu dua minggu ke depan untuk menentukan penjadwalan konsultasi publik. Sinduadi ada tanah kas desa 4 bidang seluas 6.500 meter persegi. Dan jalan desa ada 8 titik. Ada sekolah dan makam umum di Purwosari, Sinduadi juga terdampak. Sedangkan di Sendangadi ada 3 bidang tanah desa yang terdampak seluas kurang lebih 6.000 meter persegi,” beber Krido.

Krido mengungkapkan, keberadaan jalan bebeas hambatan Yogya-Solo ini nantinya akan berada di selatan Flyover Jombor. Hasil konsultan dan Dirjen Binamarga sudah memperhitungan masalah RHR harus diputar terlebih dahulu. Misalnya yang dari arah selatan utara harus ke barat dulu sejauh 350 meter kemudian berputar lagi ke timur sejauh 350 meter. Begitu juga dari arah utara ke selatan, berputar ke timur dulu kurang lebih 700 meter melewati sungai baru kemudian berputar ke barat.(Aha)

BERITA REKOMENDASI