Jalur Evakuasi Kepuharjo dan Wukirsari Rusak

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jalur evakuasi di wilayah Cangkringan secara keseluruhan terbilang baik, namun masih ada beberapa ruas jalan yang rusak. Ruas jalan yang rusak justru berada di bawah, yakni dari Kepuharjo ke Wukirsari.

”Memang ada sebagian yang rusak, tapi tidak banyak. Kalau wilayah Kepuharjo atas malah bagus, saya naik sampai bunker jalur evakuasinya sudah oke,” ungkap Camat Cangkringan Suparmono.

Terkait kesiapan warga dalam menghadapi bencana erupsi Merapi, Suparmono mengatakan, masing-masing desa sudah ada rencana kontijensi erupsi Merapi. Bahkan sewaktu Merapi dinyatakan aktif beberapa waktu lalu, pihaknya sudah mengumpulkan tokoh masyarakat dan warga di sana.

”Mereka jauh lebih bijak dibanding kita dalam melihat kondisi Merapi saat ini. Kesiapsiagaan sudah ada, aktivitas ekonomi masih normal. Yang mencari rumput, masih mencari rumput. Yang penting tiga kilo dari atas sudah bersih, tidak ada aktivitas warga. Mereka paham betul,” imbuh Suparmono.

Sementara Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman Achmad Subhan mengaku sering menambal jalan yang rusak. Namun setelah diperbaiki, jalan tersebut dilewati truk-truk dengan tonase yang overload. Akibatnya jalan yang sudah diperbaiki rusak kembali.

”Kami akan mengubah strategi. Dari pada menambal jalan yang rusak, lebih baik dilakukan peningkatan jalan dengan rigid beton. Itukan ada tulangannya, Insya Allah bisa awet,” katanya.

Saat ini pihaknya sedang mengupayakan anggaran sebesar Rp 12 miliar untuk rigid beton. Dengan perhitungan, setiap satu kilometer membutuhkan anggaran sekitar Rp 6 miliar. (Aha)

BERITA REKOMENDASI