Jam Makan Kambing Harus Teratur

KAMBING maupun domba yang dibudidayakan secara intensif selalu diberi pakan berkualitas. Jam pemberian pakan setiap harinya pun teratur. Selain itu kebersihan kompleks kandang dijaga dengan baik, sehingga mendukung kesehatan hewan ternak tersebut.

Seperti diungkap salah satu kru peternakan kambing dan domba di kawasan Moyudan Sleman, Dwiyanto, jenis pakan komboran antara domba dan kambing sama, yakni campuran ampas tahu, konsentrat dan sedikit air. Pakan ini diberikan pukul 14.00 WIB, lalu sekitar setengah jam kemudian baru diberi pakan hijauan. Pakan untuk domba jenis hijauannya cukup jenis rumput odot dan beberapa jenis rumput lain. Untuk yang anakan sering juga diberi susu tambahan agar gizinya kian terjamin.

“Lain halnya pakan hijauan untuk kambing antara lain bisa daun kaliandra, indigofera, daun singkong taun/karet, kleresede maupun odot. Selain itu malam harinya sekitar pukul 20.00 juga diberi hijauan dan paginya biasa masih kenyang dan ada sisa pakan hijauan, sehingga tak perlu diberi pakan,” jelas Dwi, Kamis (25/8/2016).

Ditambahkan, jenis domba yang dibudidayakan sekarang ini khusus domba moreno. Sedangkan jenis kambingnya ada peranakan etawa (PE), sanen dan boer. Baik domba maupun kambing tersebut dapat dijual belikan masih anakan (selepas sapih), remaja maupun siap kawin. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI