Jangan Kaget, Hari Ini BATAN ‘Diledakkan’

SLEMAN (KRjogja.com) – Warga masyarakat yang ada di kawasan Babarsari, Kledokan hingga Seturan diharapkan untuk tidak panik pada Sabtu (10/9/2016) pagi besok mulai pukul 08.00 WIB karena adanya simulasi penanganan bencana teknologi Nuklir yang diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY bersama instansi terkait lainnya. Menurut rencana Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) akan 'diledakkan' yang kemudian diikuti operasi evakuasi.  

Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno Jumat (9/9/2016) mengatakan simulasi penanganan bencana nuklir tersebut wajib dilaksanakan untuk mempersiapkan warga masyarakat yang berada di kawasan BATAN. Menurut dia, meskipun hampir zero accident namun pihaknya tak ingin ambil resiko jika nantinya terjadi sesuatu tak diinginkan di salah satu reaktor nuklir tertua di Indonesia tersebut.

"Kami libatkan seluruh instansi termasuk masyarakat sekitar BATAN. Kami ingin membentuk masyarakat tanggap bencana dan siap jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan," ungkapnya.

Dalam simulasi besok, akan digunakan bahan peledak dengan daya ledak rendah namun bersuara cukup keras untuk membuat keadaan yang benar-benar menyerupai bencana sesungguhnya. "Karena itu kami minta masyarakat tidak panik, ikuti arahan petugas yang kami siagakan," imbuhnya.

Tak hanya itu, radius 200 meter dan 1 kilometer juga akan ditutup guna mensterilkan lokasi mengantisipasi keadaan bencana yang sebenarnya. "Kita buat seperti bencana asli di mana radius aman ada di 200 meter dan jalan akan ditutup, karena itu kami mohon masyarakat bisa memahami dan menyesuaikan," pungkas Krido. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI