Jangan Lupa! Sabtu Besok Gerhana Bulan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masyarakat DIY akan dapat melihat secara langsung fenomena alam berupa Gerhana Bulan Total (GBT) pada Sabtu (28/7/2018) dinihari. Gerhana bulan kali ini termasuk paling fenomenal karena akan berlangsung cukup lama. Bahkan menjadi yang terlama di abad 21.  

Baca Juga: Spesial, Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Ternyata Cukup Lama

Drs H Sofwan Jannah MAg, Dosen Syariah Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia, Selasa (24/7/2018), menegaskan puncak gerhana bulan total nantinya akan berlangsung hingga 1 jam 43 menit dari pukul 02.30 WIB hingga pukul 04.13 WIB. Durasi 6 jam 14 menit jika dihitung sejak Gerhana Bulan Penumbra sejak pukul 00.14 hingga selesai pada pukul 06.28 WIB. 

"Ada banyak peristiwa menarik nanti saat Gerhana Bulan Total. Masyarakat bisa menyaksikan langsung meteor yang berjatuhan. Meski agak redup, tapi beberapa meteor terang bisa terlihat degan intensitas 15-20 meteor per jam jika diamati dari lokasi yang relatif gelap," terang Sekretaris Rukyatul Hilal Indonesia tersebut. 

Baca Juga: 28 Juli, 'Micro Blood Moon' Terlama Abad 21

Adapun peristiwa GBT 28 Juli nanti sebelum dan sesudahnya pun dapat memanfaatkan matahari dan bulan untuk mekalibrasi arah Kiblat bagi umat muslim agar salat yang dilakukan menjadi sah dan sesuai dengan Syariah dan Sain agar Salat menghadap ke arah Baitullah. 

Misalnya, untuk hari Rabu (25/7/2018) hari ini, jika dengan menggunakan matahari bisa dilakukan pada pukul 16.00 WIB. Sedang dengan menggunaka bulan bisa dilakukan pukul 19.37 WIB. "Cukup dengan tongkat, atau tali, bayang-bayangnya nanti akan memperlihatkan arah kiblat yang benar," sambungnya.(Yud)

BERITA REKOMENDASI