Jelang Idul Adha, Harga Sapi Melonjak Rp 2 Juta/ekor

Editor: KRjogja/Gus

NGEMPLAK (KRjogja.com) – Meski Idul Adha masih lama, namun harga hewan kurban sudah melonjak tajam khususnya sapi. Rata-rata kenaikannya berkisar antara Rp 1-2 juta perekor.

Berdasarkan pantauan KR di Pasar Hewan Ngemplak Sleman, kenaikan sapi tersebut sudah terasa sejak pasca Idul Fitri lalu. Saat ini harga satu ekor sapi yang bisa digunakan untuk kurban, berkisar antara Rp 19-20 juta. Untuk pembeli juga sudah banyak, terutama pengurus masjid atau perkantoran,

"Sekitar seminggu ini sudah mulai banyak yang cari. Terutama pengurus masjid. Ini sudah laku enam ekor. Semuanya dititipkan dulu dan nanti kita antar sehari sebelum Idul Adha," kata Haryono (40), salah satu pedagang sapi.

Tahun lalu warga Saren Wedomartani Ngemplak ini bisa menjual 35 ekor sapi. Sebagai persiapan, saat ini dia sudah menyiapkan 26 ekor yang siap dijadikan hewan kurban. Untuk pembelinya sendiri, warga sekitar Ngemplak saja.

Nanti sepekan menjelang Idul Adha, harga hewan kurban akan semakin mahal. Bahkan diprediksi lebih dari Rp 20 juta perekor atau sama dengan tahun lalu. Namun untuk beberapa sapi tertentu, ada yang harganya mencapai Rp 30 juta perekor. "Tapi kalau masyarakat, kemungkinan rata-rata Rp 21 juta itu sudah maksimal," ujarnya.

Harga Rp 19-20 juta tersebut menurut Haryono sudah termasuk pemeliharaan sampai nanti menjelang hari H. Sebenarnya ada yang harganya dibawah itu, atau Rp 17 juta. Tapi dibawa sendiri oleh pembeli. Termasuk dirawat sendiri. Jika Idul Adha masih 1 bulan lebih, maka biaya perawatannya sekitar Rp 1 juta. (Awh)

BERITA REKOMENDASI