Jelang UN, Siswa Terus Lakukan Persiapan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sejumlah siswa kelas XII SMA mulai disibukkan dengan persiapan Ujian Nasional (UN) yang rencananya akan diselenggarakan April 2019. Ada yang ikut bimbingan belajar di luar. Ada yang merasa cukup dengan tambahan belajar dari sekolah. 

"Jadi belajarnya terbagi. Buat UN dan SBMPTN. Meski waktunya tidak berdekatan. Tapi tetap saja persiapannya dari sekarang," katanya, Minggu (27/1).

Secara pribadi  dia mengaku jika persiapannya masih kurang. Untuk itu dia memutuskan ikut bimbingan belajar di luar sekolah. "Belajarnya masih kurang," kata siswa kelas XII MIPA 5 ini.

Siap tidak siap hadapi UN juga dirasakan Pratiwi, pelajar SMAN 1 Ngemplak. Dia ikut bimbingan secara online, agar tidak terlalu capek. Karena setiap hari pulangnya juga sudah sore.

"Waktu belajarnya harus dibagi-bagi. Antara UN sama SBMPTN untuk masuk ke perguruan tinggi. Apalagi pulang udah sore, jadi udah capek rasanya," kata pelajar kelas XII IPS 2 ini.

Selain ikut bimbel sendiri, dia juga mengikuti tambahan belajar yang diselenggarakan di sekolah. Karena sekolahnya mendatangkan guru dari lembaga bimbingan belajar untuk memberikan materi tambahan di sekolah. "Tambahan pelajarannya setelah sekolah. Jadi bukan nge-nol. Sekolah manggil guru dari lembaga bimbingan belajar," ungkapnya.

Berbeda dirasakan Aprilia, siswa SMA Muhammadiyah 1 Prambanan. Menurutnya, persiapan UN sudah dia lakukan sejak masuk kelas XII. Baik dari dia sendirian ataupun dari sekolah. "Sejak masuk kelas XII, guru sudah memberikan informasi tentang UN. Mulai dari jadwal hingga mata pelajaran yang diujikan apa saja. Jadi persiapannya sudah dari jauh-jauh hari," jelasnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI