Jepang Pasar Ekspor Terbesar UMKM di Sleman

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jepang menjadi salah satu pasar ekspor terbesar bagi UMKM di Sleman. Tak tanggung-tanggung, nilai ekspor ke Negeri Sakura tersebut pada tahun 2019 mencapai 42.196.424 USD. Nilai tersebut diharapkan bertambah seiring dengan bertambahnya UMKM yang ada di Sleman.

Seperti dikatakan Kepala Disperindag Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih ada tiga komoditas unggulan yang tembus pasar Jepang. Ketiga komoditas tersebut masing-masing sarung tangan kulit, pakaian jadi atau tekstil dan mebel.

“Kami tidak membeda-bedakan UMKM dari jenis produknya maupun dari pangsa pasarnya. Semua mitra UMKM akan diperlakukan sama. Cara ini cukup efektif mendorong produktivitas UMKM hingga menembus pasar ekspor,” kata Mae Rusmi saat menerima kunjungan Anggota Komisi VI DPR RI, Subardi di kantor setempat, Rabu (04/04/2020).

Ia mangatakan selama ini Disperindag gencar memberikan pelatihan dan pendamping. Selain itu pemasaran produk juga dilakukan, salah satnya dengan menggelar maupun mengikutkan UMKM dalam pameran baik lokal, regional maupun nasional.

BERITA REKOMENDASI