Jikustik Siap Ciptakan 14 Lagu Baru Sampai Februari

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Grup band asli Yogyakarta, Jikustik kembali dari tidur panjang di awal tahun 2020. Setelah terakhir menelurkan album Tetap Berjalan pada 2015 lalu, kini grup yang dibentuk tahun 1996 silam tersebut kembali berkarya membuat 14 lagu yang bakal dirilis setiap satu bulan sekali.

Dadi, gitaris Jikustik menyebut single pertama dari project Kolaborasi 14 lagu sudah dikenalkan ke publik pada 17 Januari lalu dengan judul Aku Masih Punya Puisi. Lagu yang mengambil inspirasi puisi Agus Noor tersebut mendapat atensi menarik dari Jikustikan yang tampaknya rindu dengan karya-karya terbaru Jikustik.

“Di lagu Aku Masih Punya Puisi kami juga ajak lagi produser album Malam (2006) Tyo Adrian untuk ikut dan kami semua menggunakan alat-alat masa lalu untuk menghasilkan feel yang seperti dulu lagi. Hasilnya, ini jadi pembuka project Kolaborasi, lagu pertama dari total 14 lagu sampai Februari 2021,” ungkap gitaris Jikustik tersebut saat sesi media gathering, Senin (17/02/2020) petang.

Baca juga :

Kali Ketiga, Guiding Block di Jalan Suroto ‘Menghilang’ Lagi
Terlibat Kejahatan Jalanan, 11 Remaja Diamankan

Carlo, si penggebuk drum pun mengamini situasi terbangun dengan sangat apik di masa penggarapan single tersebut. “Saya bahkan punya cerita lucu, drum set yang dulu saya pakai rekaman tahun 2006 sudah laku, tapi kemarin ada orang jual barang yang sama, yasudah saya beli untuk rekaman lagu Aku Masih Punya Puisi. Feelnya rasanya dapet banget,” imbuh dia.

Tahun-tahun itu, di 2000-an awal Jikustik memang begitu merajai blantika musik tanah air. Mereka begitu produktif menelurkan album mulai Seribu Tahun (2000), Perjalanan Panjang (2002), Sepanjang Musim (2003), Siang (2006) hingga Malam (2007).

Project Kolaborasi sendiri terus berjalan hingga Februari ini di mana tepat tanggal 17, Jikustik mengenalkan satu lagi single terbaru berjudul Hanya Aku Yang Merasa. Seolah masih ingin membawa nostalgia napak tilas masa emas, Jikustik mengajak produser album Seribu Tahun (2000) Andika Prabhangkara untuk berkolaborasi.

Pemilihan sound, akord hingga komposisi orkestra dibentuk sedemikian rupa hingga mampu mendapatkan feel gelisah, cinta dan persahabatan yang memang ingin digambarkan dalam lagu. “Ini masih berkaitan dengan single Aku Masih Punya Puisi, jadi lagu Hanya Aku Yang Merasa ini adalah sebab musabab terjadinya Aku Masih Punya Puisi,” imbuh Adit, pemain keyboard Jikustik.

Brian, sang vokalis pun menambahkan bawasanya sampai saat ini Jikustik sudah memiliki enam lagu untuk dirilis rutin setiap tanggal 17. Namun begitu, mereka memungkinkan adanya kolaborasi dengan siapapun yang menawarkan ide menarik untuk menyelesaikan misi 14 lagu sampai Februari tahun depan.

“Kami berharap dukungan semua termasuk Jikustikan agar misi kami memproduksi 14 lagu sampai tahun depan bisa terlaksana dan berhasil membawa hal positif untuk kalian semua. Nanti di bulan Maret 2021 kami masuk tahun perak 25 tahun, akan ada hal menarik yang juga ingin kami sampaikan ke teman-teman semuanya,” pungkas vokalis yang masuk Jikustik pada tahun 2009 ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI