JTM 2017 Lampaui Target, 144 Pembeli dari 15 Negara Tertarik Datangkan Wisatawan ke Yogya

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jogja Travel Mart (JTM) 2017 bertajuk "Jogja The Unforgettable Journey" siap digelar 15-18 Mei 2017 nanti. Tak tanggung-tanggung di luar ekspektasi, 144 buyers (pembeli) dari domestik dan mancanegara memastikan datang untuk melihat potensi wisata baru Yogyakarta yang nantinya bakal dijual kembali ke wisatawan. 

Fadli Fahmi Ali, Ketua JTM 2017 dalam temu pers di Sahid Jaya Hotel and Convention Jumat (12/5/2017) siang mengatakan hingga batas akhir pendaftaran beberapa waktu lalu telah dipastikan 144 buyers yang datang ke Yogyakarta. Jumlah tersebut menurut Fadli melebihi target awal yakni 120 buyers dari dalam dan luar negeri. 

"Kami cukup surprise karena ternyata animo baik buyers dan sellers sangat besar untuk JTM 2017 ini. Total ada 88 seller dan 144 buyer yang memastikan hadir, jauh lebih banyak daripada target awal kami 75 seller dan 120 buyer," ungkapnya. 

Penyelenggara sendiri menurut Fadli telah melakukan penjaringan pada buyers yang memang memliki keseriusan untuk mendatangkan wisatawan ke Yogyakarta. "Kami sempat menolak beberapa buyers yang sebetulnya ingin hadir karena kami utamakan efektivitas dan kualitas, tetap terkumpul jauh lebih banyak daripada target awal yakni 144 dari 15 negara," lanjutnya. 

Para pembeli dari 15 negara yakni Belanda, Hungaria, India, Laos, Malaysia, Oman, Filipina, Polandia, Singapura, Spanyol, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Korea Selatan dan Indonesia bakal mengikuti serangkaian acara yang disusun penyelenggara yang merupakan gabungan dari Dinas Pariwisata DIY, ASITA DIY dan PHRI DIY ini. 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta menambahkan event JTM 2017 diharapkan menjadi wahana pengenalan pelaku pariwisata nasional dan internasional pada bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang bakal diresmikan medio 2019 mendatang. Aris menyebut, bandara baru yang beberapa waktu lalu diresmikan groundbrackingnya oleh Presiden Joko Widodo mampu menghubungkan Yogyakarta dengan wilayah-wilayah di belahan dunia secara langsung. 

"Kita bakal punya pintu masuk baru yakni NYIA yang mampu didarati pesawat besar dengan penerbangan langsung dari luar negeri. Kami berharap karena saat ini buyers JTM 2017 sangat banyak mencapai 144 dari 15 negara maka gaung Yogyakarta bakal semakin dikenal di dunia internasional," ungkapnya. 

Adapun seller yang turut serta di JTM 2017 meliputi beberapa elemen yakni hotel sebanyak 51, agen perjalanan 36 dan restoran 1. Para buyers akan mengikuti meeting tatap muka dengan seller untuk memperkenalkan produk dan jasa masing-masing. 

"Ada education trip juga untuk buyer ini kita berikan pilihan kali ini yakni Borobudur atau Gua Pindul di Gunungkidul. Kami berharap ada pengalaman real bagi mereka untuk nantinya disebarluaskan pada wisatawan karena Yogya ini komplit budaya ada wisata laut hingga gunung juga ada," pungkas Fadli Fahmi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI