Kadin DIY Fokus Wujudkan UMKM Naik Kelas

Editor: KRjogja/Gus

Ketua Umum Kadin DIY GKR Mangkubumi menyatakan pihaknya terus berupaya untuk mendorong pertumbuhan dan pemberdayaan UMKM baik yang bergerak industri pariwisata maupun industri kreatif di DIY meski di tengah kondisi pandemi. Pariwisata di DIY sudah tidak bisa seperti dulu, sehingga harus berinovasi melahirkan ide-ide kreatif dengan melek digital untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi.

“Perkembangan teknologi digital sudah tidak terbendung lagi, UMKM bisa memanfaatkan sarana-saran digital ini baik untuk penjualan hingga transaksi pembayarannya. Semisal menciptakan promosi-promosi pariwisata dan industri kreatif yang bisa mendatangkan uang jadi tidak hanya sekedar mengunggah informasi semata tetapi bisa mendatangkan pemasukan, karena semua harus berubah dengan adanya pandemi ini,” tuturnya.

GKR Mangkubumi mengaku sebelumnya pihaknya belum fokus untuk memperkuat digitalisasi, kini pihaknya berusaha memperkuat agar UMKM di DIY bisa melek digital. Dengan harapan dengan melek digital inilah, UMKM di DIY bisa benar-benai segera naik kelas sebab pihaknya harus merubah strategi untuk mempromosikan apapun produk-produk UMKM lebih luas.

“Bagi anggota Kadin yang sudah sukses jadi dari Kadin untuk Kadin, mereka kami minta memberikan pelatihan kepada para UMKM berkolaborasi dengan bidang lain. Jadi kita benar-benar memberdayakan potensi yang ada agar mampu mewujudkan UMKM di DIY bisa naik kelas,” pungkasnya. (Ira)

 

BERITA REKOMENDASI