Kadispenau Resmikan Fasilitas Umum di Muspusdirla

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Jemi Trisonjaya M Tr (Han), Jumat (22/09/2017) meresmikan fasilitas umum berupa renovasi kamar mandi dan toilet di komplek Monumen Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kadispenau.

Peresmian fasilitas umum yang diperuntukkan bagi para pengunjung museum tersebut disaksikan oleh Kamuspusdirla Letkol Sus Drs Dede Nasrudin dan Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto serta para pejabat, staf museum dan staf Pentak Lanud Adisutjipto.

"Saya berterimakasih karena Kamuspusdirla segera menindaklanjuti arahan Kasau untuk merenovasi semua fasilitas yang ada di museum secara bertahap. Ini dilakukan karena Kasau sangat konsen terhadap sejarah dengan memperhatikan, merawat dan menjaga tentang kesejarahan TNI AU. Pesawat-pesawat yang memiliki keterkaitan dengan sejarah yang ada diluar dikembalikan ke museum, sehingga nilai sejarahnya menjadi lebih tinggi," terangnya Kadispenau.

Marsma TNI Jemi juga berharap museum tidak hanya menjadi tempat untuk mengoleksi benda-benda bersejarah, tetapi ke depan, museum dapat dijadikan sebagai tempat sarana rekreasi yang dapat dinikmati oleh keluarga serta tujuan wisata yang nyaman, indah serta bersih. Untuk itu dibutuhkan kejelian dan kepedulian dari pihak museum dapat dioptimalkan penggunaannya khususnya kebersihannya.

Sementara Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Letkol Sus Dede mengatakan bahwa Museum kebanggaan TNI AU ini merupakan satu-satunya museum Angkatan Udara yang terlengkap yang ada di Asia. Dengan penambahan berbagai koleksi yang dimiliki, terbukti Museum Pusat TNI AU sudah naik statusnya menjadi museum Tipe A yang dinilai oleh Dinas Kebudayaan DIY.
 
“Sesuai dengan UU No 10 Tahun  2011, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala saat ini menjadi cagar budaya dan salah satu tujuan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di DIY. Hal ini merupakan kebanggaan sekaligus tantangan bagi pihak museum untuk terus meningkatkan kualitas fasilitas dan prasarana lainnya sehingga dapat dipertahankan. Museum juga terus menambah koleksi pesawat-pesawat yang dimiliki diantaranya Pesawat Hercules C-130, Pesawat M1, Pesawat Si Kumbang, Pesawat Cessna, termasuk Pesawat Cureng sebangi ikon museum," pungkasnya. (Adk)

 

 

BERITA REKOMENDASI