Kaliurang-Prambanan Segera Terhubung

SLEMAN, KRJOGJA.com – Wacana Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman untuk menghubungkan wisata di Kaliurang dengan Prambanan dalam waktu dekat akan terwujud. Dua destinasi wisata andalan Sleman tersebut
akan terhubung seiring pengadaan armada berupa shutle bus.

Kepala Dispar Sleman, Sudarningsih mengatakan, tindak lanjut dari wacana ini juga sudah sampai ke meja Bupati Sleman dan turun ke Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD). Dari BKAD sudah ada penganggaran untuk pembelian satu unit bus.

"Tahun ini kami akan membeli satu unit bus dulu. Nantinya bus akan dilewatkan dari Kaliurang ke Prambanan. Khususnya untuk wisata candi-candi. Namun bisa juga ke rute lain yang sampai saat ini masih dalam proses penyusunan," ujarnya, Minggu (23/7).

Untuk objek wisata yang disasar adalah Kaliurang ke Prambanan dengan jarak tempuh sekitar 70 kilometer. Namun untuk sementara armada itu baru diperuntukkan bagi wisatawan mancanegara (wisman). Operasional juga masih terbatas akhir pekan atau saat liburan. Armada dengan kapasitas 14-15 kursi bersebut rencananya akan beroperasi tiga
kali dalam sehari dan gratis. Mengenai teknis rute awal masih dalam proses perencanaan. 

"Ini salah satu tujuan kami untuk mengembangkan wisata di Sleman Timur. Sebab selama ini banyak wisatawan yang sedang di Kaliurang kebingungan saat hendak ke Prambanan karena tidak ada transportasi umum, begitu juga sebaliknya," paparnya.

Pemerintah Kecamatan Prambanan menyambut baik wacana tersebut. Pasalnya saat ini sudah banyak pelatihan tentang kepariwisataan yang sudah diikuti masyarakat. (Awh)

BERITA REKOMENDASI