Kandang Ambruk, Ratusan Ayam Siap Panen Mati

NGAGLIK, KRJOGJA.com – Ratusan ekor ayam bloiler siap panen mati, setelah kandangnya ambruk karena terkena angin kencang, Selasa (05/03/2018). Kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

Kandang ayam yang berada di Dusun Wonosobo Desa Sardonoharjo Kecamatan Ngaglik Sleman roboh akibat tersapu angin kencang. Didalam kandang terdapat 4.000 ekor ayam siap panen. Semestinya ribuan ayam tersebut akan dipanen, Rabu (07/03/2018) malam.

Pemilik kandang, Yeyen Hendrayanto (30) mengatakan, saat kejadian di sekitar lokasi turun hujan deras disertai angin kencang. Hanya saja dia merasa hempusan angin tidak seperti biasanya. Karena cenderung lebih kencang dan seakan tidak terarah.

"Anginnya kemarin sangat kencang. Padahal kandang ini habis direnovasi. Namun sekarang sudah rata dengan tanah. Beruntung sebagian besar ayamnya masih bisa diselamatkan. Karena yang mati hanya sekitar 500 ekor saja,” katanya, Selasa (06/03/2018).

Ayam-ayam yang mati tersebut rata-rata memiliki berat 2-2,3 kilogram. Dan harga satu ekor ayam berdasarkan perjanjian adalah Rp 36 ribu. Sedangkan untuk ayam yang mati sudah ada yang mau beli. “Petani ikan. Mau buat makan lele. Wah, kalau tidak ada yang beli. Bisa tambah pusing saya,” tegasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman Makwan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap siaga. Meski puncak musim hujan sudah lewat. Namun hujan deras disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di Kabupaten Sleman. (Awh)

BERITA REKOMENDASI