Kantor Pos Plemburan Tahan 2.000 Paket Tabloid Indonesia Barokah

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman bersama jajaran Polda DIY melakukan pengecekan ke Kantor Pos Plemburan Sinduadi Mlati Sleman yang merupakan pusat penerimaan paket masuk ke wilayah Yogyakarta, Sleman dan Bantul, Kamis (24/01/2019). Dalam pengecekan tersebut ditemukan 2.000 paket berisi Tabloid Indonesia Barokah yang beberapa hari terakhir diduga bermuatan konten melanggar aturan pemilu.

Wakil Kepala Sentra Pengolahan Pos Yogyakarta, Mujiyono mengatakan paket tersebut tiba pagi tadi dengan alamat pengiriman dari Pos Jakarta Selatan. Menurutnya total terdapat 21 koli yang didalamnya terdapat sekitar 2.000 paket berisi tabloid.

“Datang tadi pagi, ini kiriman dari Jakarta karena di sini untuk mengelola semua kiriman yang masuk ke Yogya. Hitungan sekitar 2.000 an dalam 21 karung. Alamatnya ke masjid-masjid yang ada di Kota Yogya, Bantul dan Sleman juga sebagian di Temanggung dan Klaten,” ungkapnya.

Untuk sementara lantaran adanya penyelidikan dari instansi terkait seperti Bawaslu dan Kepolisian, kantor pos Yogyakarta menahan pengiriman paket-paket tersebut ke alamat yang dituju. “Sementara kita hold dahulu, kalau ada keputusan nanti baru kita teruskan,” sambungnya.

Sementara itu Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan pihaknya mendapat arahan dari Bawaslu DIY untuk melakukan pemeriksaan adanya dugaan pengiriman tabloid Indonesia Barokah yang beberapa hari terakhir dipermasalahkan dan membawa keresahan masyarakat. Meski begitu, Bawaslu Sleman hanya melakukan pendataan detail jumlah dan persebaran yang nantinya menjadi database Bawaslu pusat.

“Untuk konten kita juga belum tahu, karena masih melakukan penyelidikan setelah ada laporan masuk ke Bawaslu Pusat. Kita teliti apakah ada pelanggaran pemilu atau tidak, tapi kalau terkait keamaman itu menjadi ranah kepolisian,” ujarnya.

Dari data yang didapatkan, paling tidak terdapat 6.000 eksemplar tabloid Indonesia Barokah dari total 21 koli di Kantor Pos Plemburan. “Tadi tiap paket kita sempat periksa berisi 3 tabloid, jadi kalau kira-kira ada 2000-an paket sekitar 6000 eksemplar untuk Kabupaten Sleman, Kota dan Bantul juga beberapa wilayah Jawa Tengah seperti Klaten dan Temanggung,” sambungnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI