Karawitan Diminati Siswa SD

Editor: Ivan Aditya

MESKI belum lama terbentuk, namun salah satu cabang seni yang banyak digemari pelaku seni yaitu karawitan, mampu menjadi cabang seni unggulan di SD Muhammadiyah Ambarketawang I, Bodeh, Gamping, Sleman. Selain karawitan yang kini banyak diminati anak-anak SD Muhammadiyah ini, cabang unggulan lain yang dimiliki SD Muh Ambarketawang I Bodeh, Gamping adalah cabang tapak suci, drumband dan seni tari.

"Pelajaran Ekstra karawitan yang diberi nama "Laras Muda" ini belum lama terbentuk di SD Muhammadiyah Ambarketawang I, sehingga belum banyak pengalaman yang diraih anggota karawitan sekolah ini," ujar pengasuh karawitan Laras Muda, Sukandar Sunu Sasongko, saat timnya ikut memeriahkan gebyar anak sholeh TK ABA dan SD Muhammadiyah se Cabang Gamping di aula gedung serbaguna, Trihanggo, Gamping, Sleman, Sabtu (24/02/2018).

Diakui Sukandar, meski baru pertama kali tampil di acara sebesar Gebyar Anak Sholeh dan SD Muhammadiyah se cabang Gamping, namun penampilan anak-anak SD Muhammadiyah Ambarketawang I ini tidak tampak sedikitpun rasa grogi. Para pendukung yang memainkan sejumlah perangkat kariwatan yang begitu banyak tersebut mampu dimainkan para siswa ini dengan baik.

Sejumlah perangkat karawitan yang dimainkan anak-anak SD Muhammadiyah ini di antaranya, gong, gong suwukan, gong kempul, kenong, jaban, kethuk, bonang barung, bonang penerus, kendang besar, kendang ketipung, saron, slendro, pelog dan banyak lagi yang lainnya. Penampilan anggota karawitan "Laras Muda" ini, semakin mengena dan memukau penonton dengan tampilnya wiro swara atau sinden kecil yang berjumlah sekitar 20 orang.

Mereka menyanyikan lagu-lagu daerah yang sudah tidak asing lagi di telinga penyuka seni, yaitu suwi ora jamu, Kuwi Opo Kuwi, Gugur Gunung, Jago Kluruk, Sleman sembada, Ojo Dipleroki, pepeling dan perahu layar. “Anak-anak SD Muhammadiyah Ambarketawang I Bodeh Ambarketawang ternyata senang mendalami seni karawitan ini, sehingga anggota karawitan ‘Laras Muda’ ini berjumlah sekitar 34 orang. Meski begitu idealnya anggota karawitan ini, jumlahnya 15 orang,” kata Sukandar. (Rar)

BERITA REKOMENDASI