Kasmudjo, Dosen ‘Galak’ Pembimbing Skripsi Jokowi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Awalnya tak ada yang menaruh perhatian pada sesosok pria tua berambut putih yang duduk di acara reuni temu kangen Fakultas Kehutanan UGM, Selasa (19/12/2017). Namun, setelah Presiden Joko Widodo menyebut namanya Kasmudjo, barulah semua mata mengetahui bahwa ia adalah dosen pembimbing skripsi sang presiden saat hendak lulus dari kuliah di awal tahun 80-an lalu.

Di hadapan para alumni, mahasiswa dan media, presiden menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya untuk sosok Kasmudjo. Presiden bahkan masih begitu ingat bagaimana galaknya Pak Kasmudjo saat membimbingnya merampungkan tugas akhir Strata 1 tersebut.

“Beliau dulu menurut saya galak sekali tapi sekarang begitu bijak saya lihat. Saya sangat berterimakasih karena bimbingan di jurusan Teknologi Kayu maka saya bisa selesai, meski lupa berapa kali bolak baliknya,” ungkap Jokowi.

Ditemui wartawan usai acara, giliran Kasmudjo yang menceritakan bagaimana sosok Jokowi saat menjadi mahasiswa  bimbingannya selama enam bulan lebih kala itu. Disebut Kasmudjo, sosok Jokowi cukup disiplin dan mau belajar mengingat kenaikan IPK yang cukup tinggi dari masuk hingga lulus dari Fakultas Kehutanan UGM.

“Dia (Jokowi) selalu ikuti apa yang saya syaratkan dalam menyelesaikan skripsi dan dia sudah menyiapkan peluang yang bermanfaat kedepan di usaha meubelnya. Satu yang juga penting, dia mengikuti arahan dan bahkan bisa lulus tepat waktu meski Indeks Prestasi (IP) dari 2,65 hingga naik 3,2,” ungkapnya.

Kasmudjo juga menceritakan tema skripsi Jokowi dan ternyata tak jauh dari bisnis meubel yang memang ditekuni sebelum terjun ke dunia politik. “Skripsinya tentang meubel, dari salah satu senior saya kemudian membantu mahasiswa yang senang di dunia meubel dan salah satunya Jokowi, skripsinya dikerjakan di Solo jadi bolak balik,” ungkap pria yang kini mengajar Sekolah Vokasi mata kuliah Pengantar Ilmu Kehutanan ini.

Lepas lulus kuliah, relasi Kasmudjo dan Jokowi ternyata tak berhenti. Beberapa kali Jokowi datang untuk meminta nasihat terkait kayu, begitu pula sebaliknya saat Kasmudjo bertandang ke Solo untuk menilik usaha meubel Jokowi.

“Kebetulan bidangnya sama di meubel, relasi terus berjalan terakhir saya juga ke Solo menengok salah satu lokasi meubelnya. Harapan saya, dia (Jokowi) bisa terus mengabdi untuk negara dan menerapkan hal positif yang dia pelajari selama hidupnya kebelakang,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI