Kejari Sleman Musnahkan Narkoba

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sleman memusnahkan barang bukti beberapa jenis narkoba, mesin pengemas gula rafinasi, mesin pengganda uang, sajam dan lainnya. Barang bukti yang dimusnakan itu merupakan perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Kajari Sleman Bambang Marsana SH Mh menjelaskan, untuk narkoba yang dimusnahkan, diantaranya ganja 526,73 gram, tembakau gorila 165,96 gram, sabu-sabu 1,1 Kg, obat-obatan terlarang lainnya 58.407 butir, serta minuman keras 315 botol. Selain itu juga memusnahkan mesin pengemas gula rafinasi, mesin pengganda uang palsu dan 31 HP.

“Semua barang bukti yang dimusnahkan ini perkaranya sudah putus dan memiliki kekuatan hukum tetap. Totalnya ada 70 perkara,” jelas Kajari usaha pemusnahan barang bukti di halaman Kejari Sleman, Rabu (2/12).
Tujuan pemusnahan untuk keterbukaan dan menghindari penyalahgunaan. Bahkan pemusnahan barang bukti ini juga dilakukan seminggu sekali dengan dihadiri dari pihak penyidik.

“Kalau seminggu sekali itu sifatnya barang bukti yang kecil-kecil. Tapi kalau sekarang ini, jumlah barang bukti yang kami musnahkan cukup banyak,” katanya.

Disinggung tentang kasus yang lebih dominan, menurut Kajari, kasus narkoba cukup banyak ditangani Kejari Sleman. Dari total kasus yan ditangani Kejari Sleman, sekitar 10-20 persen merupakan kasus narkoba.

“Setiap bulannya ada 60-70 perkara yang masuk dengan berbagai jenis tindak pidana. Tapi dari jumlah itu, sekitar 10-20 persen perkara narkoba,” terangnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI