Kelompok Tani Rukun Manunggal Karanggawang Panen Raya Cabai

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kelompok Tani Rukun Manunggal Pedukuhan Karanggawang Mororejo Tempel Sleman melakukan panen raya cabai, Kamis (25/06/2020). Penen raya kali merupakan pemetikan perdana setelah para petani mulai melakukan penanaman cabai sejak tiga bulan lalu.

Kepala Padukuhan Karanggawang, Supriyanto mengatakan panen raya ini dilakukan di lahan kas desa seluas 2.000 meter persegi. Pada panen perdana ini setidaknya 9 kg cabai berhasil dihasilkan.

“Budidaya cabai ini telah dilakukan sejak tiga bulan yang lalu. Cabai yang nanti dipanen akan dinikmati oleh warga sendiri maupun dipasarkan dan keuntungannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Supriyanto disela panen raya cabai.

Ia mengatakan budidaya cabai ini merupakan bagian dari upaya warganya dalam menjaga ketahanan pangan seperti yang diprogramkan pemerintah. Selain cabai, masih ada komoditas lain yang digarap Kelompok Tani Rukun Manunggal seperti tomat, pisang, pepaya maupun sayur atau buah-buahan lainnya.

Supriyanto mengungkapkan warganya mulai menggarap kembali budidaya tanaman sayur dan buah sejak pandemi Covid-19 terjadi pertengahan Maret lalu. Kondisi perekonomian yang serba sulit dalam beberapa bulan ini mendorong para anggota yang mayoritas berusia muda untuk bergerak agar lebih produktif.

Dalam beberapa bulan kedepan rencananya Kelompok Tani Rukun Manunggal akan menambah lahan produksi di tanah kas desa seluas 8.000 meter persegi. Nantinya di lahan tersebut akan ditanami tanaman produksi lain dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Panen raya perdana Kelompok Tani Rukun Manunggal ini juga dihadiri langsung Direktur Utama PDAM Sleman, Dwi Nurwata SE MM. Dalam kesempatan ini pihak PDAM juga memberikan bantuan untuk memajukan kelompok tani dalam membangun ketahanan pangan.

“Apa yang dilakukan masyarakat sangat baik, apalagi mereka mampu mengolah lahan sendiri dan memproduksinya untuk kebutuhan bersama. Pada dasarnya kami siap bermitra untuk bersama-sama memajukan masyarakat,” tegasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI