Kembangkan Minat Pariwisata di Sekolah, Dinpar Sleman Gandeng Pramuka

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas pariwisata kabupaten Sleman menggandeng pramuka untuk mengembangkan minat pariwisata pada siswa di sekolah. Program yang dinamakan SAKA atau Satuan karya pramuka pariwisata ini bertugas memberikan pelatihan-pelatihan berupa pembelajaran dan praktek langsung kepada para siswa SMA hingga mahasiswa.

"Pembelajaranya banyak sekali, misalnya minat mereka ada di pemandu wisata, atau penyuluh, yang suka kuliner juga bisa," kata Nyaman Raisafitri ketua bidang SDM pariwisata Kabupaten Sleman sekaligus wakil 1 Mabi Saka di gedung Dinas pariwisata Sleman, Sabtu (16/02/19).

Menurut Nyaman Raisafitri, untuk membekali mereka terkait pariwisata, saka pariwisata juga sering dilibatkan dalam kegiatan besar yang digarap oleh dinas pariwisata Sleman, dinas Pariwisata kota bahkwan Provinsi.

Keterlibatakan saka tidak semata-mata membantu melainkan saka ikut bertanggung jawab. Sementara itu kegiatan tersebut dapat menjauhkan mereka dari hal kurang baik.

"Mereka dapat mengenal dunia pariwisata, karena profesinya disitu sangat banyak peluangnya juga besar," tutur Dias Oktri ketua dewan saka.

Mereka yang bergabung dengan saka pariwisata akan lebih siap untuk mengikuti sertifikasi nantinya. Dari data yang didapat krjogja.com, saat ini saka pariwisata kabupaten Sleman sudah memasuki generasi ke 7 di tahun ke 5. Anggota yang sudah ada 80 orang hasil dari seleksi alam. (Evi Nur Afiah)

BERITA REKOMENDASI