Kemeriahan Gebyar Tangkap Lele Jelang Ramadan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Warga di Padukuhan Nambongan, Kalurahan Tlogoadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Jumat (01/04/2022) sore berkumpul mengelilingi sawah. Mereka bersiap menangkap ikan lele berukuran jumbo yang menunggu ditebar oleh panitia.

Hanya beberapa menit setelah ditebar, warga dengan semarak berebut ikan di tengah sawah. Suasana hujan menambah kemeriahan acara yang turut disaksikan oleh para tokoh masyarakat setempat.

“Sudah nunggu dari jam 3 sore. Saya datang bersama anak istri, mereka mau nangkap juga. Ya lumayan, satu jam rebutan dapat 15 ekor lele. Baju celana basah semua kena lumpur,” kata Darsono sumringah.

Acara ini merupakan kegiatan yang digagas Subardi sejak tahun 2019. Kali ini digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Total, terdapat 300 kilogram ikan lele ditebar. Ikan tersebut berasal dari peternak lokal yang dibeli oleh Subardi, Anggota DPR RI dari Partai NasDem.

“Mbah Bari pesan beli lele siap panen agar bisa langsung dikonsumsi warga. Ini berat per ekor sekitar 100 gram dengan panjang per ekor sekitar 30 cm. Total ada 300 kilogram ikan,” kata Arif, ketua panitia.

Dihubungi terpisah, Subardi mengatakan, gebyar tangkap lele digelar sejak tahun 2019 atau tahun pertama ia menjabat sebagai Wakil Rakyat dari Dapil Yogyakarta. Agenda tahunan ini sedianya digelar pada tahun 2020 dan 2021, namun terpaksa batal karena fase pandemi saat itu masih tinggi. Kali ini suasana berbeda karena masyarakat menginginkan sekaligus merayakan bersama datangnya bulan suci Ramadan.

“Agenda yang dinanti-nanti warga akhirnya terlaksana meskipun sempat vakum 2 tahun. Tadi saya dengar cerita dari panitia, ada yang nangkap satu kelompok dikumpulkan jadi 5 kilo,” kata Subardi senang.

Antusiasme warga begitu terlihat. Hanya sekitar 1 jam, warga mengaku puas bisa menangkap puluhan ikan lele. Gebyar ikan lele terbuka bagi siapa saja tanpa mengenal batas usia. Tua, muda, laki-laki dan perempuan tumpah ruah dalam suasana gembira. Subardi bersyukur karena melalui kegiatan ini kebersamaan antar warga lebih terasa.

“Masyarakat bisa berbagi tawa lalu berlomba-lomba untuk mendapatkan ikannya. Suasana kebersamaan lebih terasa. Apalagi ini menyambut Ramadan, luar biasa sekali,” tutup Subardi. (*)

BERITA REKOMENDASI