Kenang Pahlawan Lokal, Warga Karang Tirakatan secara Hikmat

SLEMAN, KRJOGJA com  – Warga Karang Sumberagung Moyudan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74 dengan cara sederhana berupa tirakatan yang sekaligus untuk mengenang pahlawan kemerdekaan yang dimakamkan di dusun setempat, yaitu Sumar dan Giyo. 

Dalam kesempatan tersebut dibacakan sejarah singkat gugurnya kedua pahlawan tersebut saat terjadi Agresi Militer Belanda II tahun 1948 oleh Ketua LPMD setempat Nur Sudarmaji. Diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” secara khikmat, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, doa dan renungan serta pembacaan Sambutan Bupati Sleman yang mengamanatkan warga masyarakat untuk melakukan refleksi diri dan introspeksi dalam mengisi kemerdekaan dan membangun tanah air dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam kemajemukan.

Dalam pembacaan sejarah singkat tentang gugurnya pahlawan setempat oleh Ketua LPMD Nur Sudarmaji membawa nuansa yang haru yang membawa sebagian warga sempat meneteskan dan berlinang air mata. 
Terlebih lagi terdapat teman seperjuangan kedua pahlawan yang hingga kini masih hidup dan sehat. Melengkapi acara tersebut dilakukan pembagian hadiah berbagai lomba, atraksi seni tari dan pertunjukan musik oleh generasi muda setempat.

Mengakhiri acara tirakatan dilakukan kembul bujana dengan ala pincukan. (*)
 

BERITA REKOMENDASI