Keputusan Politik Butuh Keteladanan

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Bangsa ini butuh keteladanan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan politik. Diantaranya pemimpin tidak boleh egois dalam mengambil keputusan dengan mementingkan kepentingan partai politiknya.

"Pemimpin itu juga harus siap dipimpin, tidak boleh memaksakan kehendak untuk selalu memimpin.  Dan Indonesia butuh pemimpin yang seperti itu," kata Wasekjen OKK DPP Nasdem Willy Adityan saat bedah buku Moralitas Republikan, Sabtu (10/12) di Hotel Merbabu.

Dalam acara tersebut juga menghadirkan narasumber lainnya, yakni Dr Mada Sukmajati (peneliti dan pemerhati politik UGM), Dr Abdur Rozaki (peneliti IRE), Ketua DPW Nasdem DIY H Subardi, dengan moderator Abulaka Archaida (Wakil Ketua Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem DIY.

Dikatakan Willy sebagai penulis buku tersebut, kerelaan itu dilakukan oleh seorang Surya Paloh dalam mengambil keputusan politik. Hal itu dicontohkan usai Pilpres kemarin. Setelah PDIP sebagai partai pemenang, Partai Nasdem langsung menyatakan berkoalisi.

"Nasdem berkoalisi tanpa syarat. Tapi mendukung semua kebijakan pemerintah. Bahkan dalam pilkada ini, Nasdem juga tidak mengenal mahar dan calon yang diusung tidak harus dari internal partai," tegasnya.

Menurutnya, bangsa ini dibangun melalui gotong royong dan kolektif. Jika para pemimpin bangsa atau pemimpin parpol masih mengedepankan kepentingan kelompok maupun partainya, bangsa akan susah maju.

"Sudah saatnya mengedepankan kepentingan bangsa dan rakyat. Dan moral itulah yang harus dimiliki para pemimpin, ujar. (Sni)

 

BERITA REKOMENDASI