Keren! Hindari Kerumunan, UGM Terapkan Vaksinasi Drive Thru

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – FKKM UGM bersinergi dengan RSUP dr Sardjito dan Rumah Sakit Akademik (RSA) mengadakan vaksinasi yang dilakukan secara drive thru pada akhir Juli 2021 ini. Vaksinasi dilaksanakan dengan waktu singkat dengan sasaran warga UGM juga masyarakat umum.

Dr Hera Nirwati, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan SDM FKKMK sekaligus ketua vaksinasi FKKMK, menjelaskan vaksinasi yang dilakukan secara drive thru dikembangkan untuk menghindari kerumunan. Calon peserta vaksin datang menggunakan kendaraan dan langsung mengikuti alur tanpa harus menimbulkan antrean yang berada dalam ruangan.

“Yang kita jaga adalah agar tidak ada kerumunan. Biasanya kalau ada vaksinasi kan banyak yang antri, kalau ini dengan kendaraan maka mereka bergerak dengan kendaraan masing-masing. Jadi, ada motor lah, ada mobil lah, ada yang sepeda, ada yang jalan kaki, tetapi yang jalan kaki ini juga mengikuti alur,” ungkapnya, Kamis (29/7/2021).

Vaksinasi drive thru sudah dilaksanakan sejak 8 Juli lalu dengan jumlah 3.453 dosis. Kemudian pada 27-29 Juli ini, diadakan kembali dengan peserta sementara 1.421 orang.

“Kan RS Sardjito punya sasaran vaksinasi 1.500 per minggu, biasanya dilakukan di tempat medical check, dengan adanya covid, menjadi agak susah untuk mengaksesnya sehingga risiko untuk terpapar covid jadi lebih besar. Jadi, kita bersama-sama mengembangkan drive thru bersama fakultas kedokteran. Dengan demikian, yang rumah sakit itu yang sakit, vaksinasi kan untuk orang yang sehat sehingga dilakukan di fakultas kedokteran dan juga supaya teman-teman kedokteran bisa membantu mereka,” terang Hera.

BERITA REKOMENDASI