Keripik Kulit Ikan Salmon Laris Manis Dimasa Pandemi, Ini Rahasianya

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masa pandemi Covid-19 membuat banyak pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Fenomena pandemi juga melahirkan banyak kreatifitas dan bidang usaha kecil dan menengah demi menopang kebutuhan ekonomi.

Seperti usaha keripik kulit ikan salmon kreasi warga Ambarketawang, Gamping Sleman. “Ini asli dari kulit ikan salmon yang saya beli dari Bali, rasanya gurih, renyah dan enak. Dan di Yogya belum ada yang usaha semacam ini, sehingga punya potensi menggembirakan,” ujar Ny Sri Purwantiningsih SE, M.Acc, Ak, CA atau biasa dipanggil bu Atik di rumahnya Perumahan Griya Ambarketawang Indah No 1 Mejing Lor, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Sabtu (5/9).

Awal mula Bu Atik memilih usaha keripik kulit ikan salmon, pertama belum ada usaha sejenis untuk industri olahan rumah tangga. Yang kedua karena juga ingin membantu temannya juga tetangganya yang baru saja terkena pemutusan hubungan kerja, dari tempatnya bekerja. Usaha makanan olahan keripik kulit ikan salmon tersebut, ternyata mendapat apresiasi dari sang suami Agus Suharjana SH, MH karena punya potensi yang cerah guna menopang ekonomi keluarga.

Akhir tahun 2019 Bu Atik memulai merintis usaha olahan camilan keripik dari kulit ikan salmon, dengan 10 kilogram kulit ikan mentah digoreng sendiri. Namun hasilnya belum maksimal, jadilah produk olahan pertama itu hanya dijadikan ‘sampel’ untuk teman, tetangga kiri-kanan dan beberapa saudaranya. Hampir separo dari modal awal tersebut dibagi-bagikan gratis, akhirnya Bu Atik mencoba menitip menggoreng di Klaten. Ternyata hasilnya lebih bagus, ketika dipelajari ternyata teknik mengolah terutama penggorengan harus memperhatikan, suhu, tingkat kekeringan dan panas api harus stabil.

BERITA REKOMENDASI