Kesbangpol DIY Gelar Silaturahmi Keistimewaan Bersama Komunitas Tionghoa

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DIY menggelar acara bertema silaturahmi dalam keistimewaan Yogyakarta di Grand Pacific, Jalan Megelang, Sleman, Jumat (8/6/) petang kemarin. Sejumlah komunitas Tionghoa digandeng untuk bersama-sama berdiskusi soal keistimewaan DIY.

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Badan Kebangpol DIY Agung Supriyono dan Asisten Keistimewaan Setda DIY, Didik Purwadi sebagai pembicara. Didik Purwadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyapa masyarakat khususnya komunitas Tionghoa. Didik menerangkan, kesempatan ini dimanfaatkan untuk menjelaskan tentang istimewanya Yogya. Baik dari aspek historis hingga semangat golog gilig masyarakat Yogyakarta sehingga mendapatkan keistimewaan dari pemerintah pusat. 

“Undang-undang keistimewaan memiliki lima tujuan dan lingkup keistimewaan meliputi apa saja. Semua kami jelaskan agar semua lapisan masyarakat tahu soal keistimewaan Yogya,” jelas Didik Purwadi usai menjadi pembicara di acara silahturahmi tersebut.

Sejauh ini pemerintah DIY juga selalu melibatkan komunitas Tionghoa saat melaksanakan event-event. Mulai dari perayaan Tahun Baru Imlek hingga penataan Malioboro beberapa waktu lalu. “Dengan keistimewaan semua permasalahan harus menemukan solusi untuk kesejahteraan dan ketenteraman masyarakat,” tandas Didik. 

Kepala Badan Kebangpol DIY Agung Supriyono menambahkan, acara ini silahturahmi sekaligus sosialisasi Undang-undang 13 tahun 2012. “Sosialisasi ini penting. Meski undang-undangnya sudah begitu lama tapi pemahaman masyarakat masih tumpang tindih. Sehingga melalui kegiatan ini, pemerintah bisa tahu pemahaman atau sikap dari komunitas-komunitas tentang keistimewaan,” ungkap Agung.

Jika semua lapisan masyarakat paham tentang keistimewaan DIY, otomatis kondusitivitas Yogya selalu terjaga. Kedepan tak menutup kemungkinan jika kegiatan silahturahmi sekaligus diskusi seperti ini akan diagendakan rutin. 

Turut hadir dalam kesempatan itu, Anggota Komisi C DPRD DIY, Chang Wedryanto mengapresiasi acara yang diadakan Kesbangpol DIY. Menurutnya acara ini dapat mempererat komunikasi dan memberi pemahaman terkait keistimewaan DIY. “Melalui acara ini diharapkan tidak ada yang salah kaprah lagi. Dan bisa menyaring informasi yang beredar di medsos terkait keistimewaan," beber Chang. (R-2)

BERITA REKOMENDASI