Ketahuan Jualan Kue, Penyanyi ‘Kesandung Tresno’ Dapat Modal Rekaman

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 nyaris berdampak pada seluruh sendi ekonomi. Sektor hiburan yang merupakan kebutuhan tersier mendapatkan pukulan paling telak, sehingga pekerja panggung dapat dikatakan mati suri selama beberapa bulan terakhir.

Dampak pandemi terhadap pelaku industri hiburan itu diakui oleh pedangdut sekaligus penulis lagu berbahasa Jawa, Agung Pradanta. Kepada wartawan Selasa (01/09/2020), pelantun lagu Kependem Tresno itu mengaku harus banting stir berjualan kue-kue basah untuk bertahan hidup akibat sepi tawaran manggung.

“Lima tahun saya di jalur dangdut, kondisi akhir-akhir ini paling berat, tidak ada tawaran nyanyi sama sekali. Ya, untuk bertahan hidup, saya jualan kue dipasarkan secara online begitu,” ungkap Agung.

Agung pontang-panting mengubah kebiasaan dari menyanyi di panggung ke dapur untuk memenuhi pesanan. Namun siapa sangka, kue-kue tradisional itu pulalah yang menjadi jalan bagi Agung kembali untuk kembali berkarya.

Pada akhir bulan Juli, Agung menceritakan ada pesanan kue datang dan harus dia antarkan pada sang pemesan. Betapa kaget, ternyata pesanan datang dari seorang rekan Bakal Calon Bupati Sleman Danang Wicaksana Sulistya (DWS).

BERITA REKOMENDASI