Khusnudin Pimpin KNPI Sleman Gantikan Syukron

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pergantian pucuk pimpinan terjadi di Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten SLeman. Minggu (15/12/2019) kemarin secara resmi Khusnudin SKom ditetapkan menjadi Ketua DPD KNPI Kabupaten Sleman periode 2019 – 2022 menggantikan Syukron Arif Muttaqin SE.

Penetapan dilaksanakan dalam forum Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI Kabupetan Sleman yang diselenggarakan di Brayut Pendowoharjo Sleman. Khusnudin ditetapkan secara aklamasi setelah lolos verifikasi persyaratan bakal calon ketua.

Baca juga :

Safrudin Tamar, Pemuda Penyembuh Berbagai Penyakit dari Banyuurip
Perda Miras Dinilai Sudah Usang

Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sleman ini mendapatkan dukungan dari 7 organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dan empat pimpinan kecamatan (PK). Dalam tata tertib musda disebutkan persyaratan untuk maju menjadi bakal calon minimal mendapat dukungan minimal 6 OKP dan 3 PK.

Sebelumnya ada calon lain Mikail Rakhimi yang juga mencalonkan diri untuk maju menjadi bakal calon ketua. Hanya saja Mikail gagal ditetapkan menjadi bacalon karena syarat dukungan tidak terpenuhi.

Syarat dukungan PK Kecamatan Godean dinyatakan tidak diterima karena baru diserahkan sesaat sebelum verifikasi. Padahal, dalam pra musda yang digelar pada Minggu (8/12) di Pendopo rumah dinas bupati Sleman, ditetapkan persyaratan pencalonan maksimal diserahkan pada hari Jumat (13/12/2019) pukul 18.00 WIB.

”Karena hanya ada satu calon yang dinyatakan memenuhi persyaratan, maka dengan ini kami nyatakan saudara Khusnudin SKom ditetapkan menjadi Ketua DPD KNPI Kabupaten Sleman periode 2019 – 2022,” tegas Ketua DPD KNPI DIY Fitroh Nurwijoyo Legowo yang memimpin sidang pemilihan.

Usai penetapan, Khusnudin menyatakan akan berupaya dengan sekuat tenaga untuk memimpin KNPI dengan seadil-adilnya.Semua OKP dan PK akan diberikan kesempatan yang sama di dalam KNPI.

”Kami akan memberikan porsi yang sama untuk semuanya. Kita semua wadahi semua OKP. Baik yang sudah bergabung atau belum. Karena KNPI ini milik kita bersama,” ujar pria kelahiran Tempel ini.

Ia juga berharap dukungan dari semua pihak untuk bisa membuat KNPI Sleman menjadi lebih besar. Apalagi, sebagai mitra strategis pemerintah, KNPI memiliki tugas untuk melakukan pembinaan para pemuda di Sleman melalui OKP dan PK.

”Untuk dapat mewujudkan itu, harus didukung semua pihak. Dan semua harus bersatu. Sebab, dengan persatuan kita akan menjadi kuat dan besar,” tuturnya.

Sebelumnya, dalam pembukaan Musda, Wakil Bupati Sleman Dra H Sri Muslimatun MKes menyatakan KNPI bisa terus menjadi mitra strategis pemerintah. Bahkan dia berharap dari KNPI nanti akan muncul para pemuda yang keunggulan di berbagai bidang dan memilik integritas yang tinggi.

”Karena pemuda adalah calon pemimpin bangsa. Kalau pemudanya maju, pasti daerahnya atau kabupatennya juga akan maju,” tegasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI