Kirab Kereta Kencana Bandara Adisutjipto Masuk ‘Calender of Event 2020’

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY memasukkan Kirab Kereta Kencana Bandara Adisutjipto Yogyakarta dalam 'calender of event' 2020. Rencananya 'calender of event' ini akan dilaunching pertengahan Januari 2020 nanti.

 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dispar DIY Singgih Raharja saat menghadiri kirab di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (31//12). Menurutnya, kirab kereta kencana ini menunjukkan Bandara Adisutjipto berkomitmen mendukung Yogyakarta yang memang kuat dengan budaya. Selain itu juga sejajar dengan visi Pemda DIY sebagai pusat kebudayaan, pendidikan dan pariwisata di Asia Tenggara.

 

"Untuk itu kirab kereta kencana ini sudah masuk dalam 'calender of event' yang akan kita launching pada Januari 2020 nanti. Harapannya masyarakat luas bisa menikmati kirab yang diselenggara setiap akhir tahun ini," ujar Singgih.

Kereta kencana ini dibuat menggunakan campuran besi dan baja tahun 1.700 dan dimodifikasi oleh GBPH Yudhaningrat. Diukir dari depan sampai belakang. Bagian depan berupa ukiran singa, tubuhnya garuda dan belakang berupa ekor naga. Hal ini menunjukkan kewibawaan seorang raja.

Oleh Gusti Yudha kereta ini diberi nama Kyai Yudhaningrat dan mulai ditempatkan di Terminal A Bandara Adisutjipto pada 19 Juni 2016. Sedangkan kirabnya sendiri baru dimulai 2017. (Awh)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI