KKN-PPM Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY Ajari Produksi Sabun Cuci dari Lidah Buaya

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan menggelar pelatihan pembuatan sabun cuci tangan dan sabun cuci piring dari Lidah Buaya di BUMDes Makarti, Margoluwih, Seyegan, Sleman, (13/2/2021).

“BUMDes Makarti merupakan suatu badan usaha milik Kalurahan Margoluwih, Seyegan, Sleman yang memiliki potensi dalam bidang pertanian yaitu pertanian lidah buaya. Hasil dari pertanian yang berupa lidah buaya tersebut cukup melimpah, namun dalam hal pengelolaan hasil pertanian belum efektif dikarenakan belum adanya produk bernilai ekonomis yang bisa dihasilkan dari melimpahnya hasil panen lidah buaya tersebut,” kata Penanggungjawab kegiatan, apt Muhammad Fariez Kurniawan, M.Farm

Materi diberikan oileh apt Muhammad Fariez Kurniawan, M.Farm selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang memiliki keahlian dalam bidang kefarmasian. Kegiatan tersebut dilakukan bersama pengurus BUMDes Makarti serta masyarakat disekitar BUMDes Makarti.

Kegiatan ini diawali dengan trial formulasi produk sabun cuci tangan dan sabun cuci piring sekaligus pembuatan video tutorial berkaitan dengan cara pengolahan lidah buaya menjadi sediaan sabun cuci tangan dan sabun cuci piring yang mana video ini akan diberikan kepada pihak BUMDes Makarti dan diunggah di social media sebagai sarana video pembelajaran.

Setelah trial formulasi selesai dilakukan, dilanjutkan dengan evaluasi mutu sediaan sabun cair yang dihasilkan untuk memastikan bahwa sabun lidah buaya yang dihasilkan memenuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan. Selanjutnya, setelah melakukan percobaan dan dipastikan menghasilkan sebuah produk yang baik.

UMY

BERITA REKOMENDASI