Klinik Pratama ‘Aisyiyah Moyudan Peringati Milad ke-50

SLEMAN, KRJOGJA.com – Lomba menggambar dan mewarnai, serta hafalan Al Quran untuk anak-anak, mengawali peringatan milad ke-50 Klinik Pratama 'Aisyiyah Moyudan. Acara tersebut sekaligus penanda berakhirnya kegiatan Praktik Kerja Lapangan Prodi Kebidanan UNISA Yogyakarta.

Ketua kelompok, Tasya Firdausia mengungkapkan, ada 139 mahasiswa yang turut serta dalam kegiatan tersebut. Selama 1 bulan, mereka dibagi menjadi 6 kelompok yang disebar di pedukuhan wilayah Desa Sumberagung Moyudan. "Prioritas kami lebih ke kesehatan ibu dan anak, diantaranya lewat penyuluhan reproduksi, ataupun terkait kesehatan anak-anak dan dewasa," ungkap Tasya, Minggu (11/11).

Kecuali beragam perlombaan untuk anak, dalam peringatan milad tersebut, juga ada kegiatan deteksi dini kanker leher rahim dengan IVA Test dan deteksi payudara. Menurut Tasya, pemeriksaan tersebut sekaligus menggugah kesadaran masyarakat pentingnya deteksi sejak dini.

Sementara itu, Manajer Klinik Pratama 'Aisyiyah Moyudan, dr Nurul Chusna MPH menjelaskan, peringatan tersebut merupakan salah satu bentuk syukur dalam melayani masyarakat."Milad ini merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT karena melimpahkan berkah sehingga klinik bertahan selama 50 tahun," jelas Nurul. (*-34)

Dirinya mengungkapkan, selama ini tidak banyak amal usaha klinik yang seumuran mampu bertahan. Rata-rata tidak sampai usia 50 tahun.

"Peran pengurus 'Aisyiyah merupakan kunci dalam menjaga kelangsungan hidup klinik," katanya. (*34)

BERITA REKOMENDASI