Kodim 0732/Sleman Latihan Penanggulan Bencana Erupsi Merapi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Prajurit Kodim 0732/Sleman menggelar Latihan Posko LXIX TA.2018 tentang penanggulangan bencana alam letusan Gunung Merapi di Makodim, jalan Magelang Km 11 Medari Sleman Selasa (26/06/2018).

Latihan posko ini dilakukan untuk melatih kesiapsiagaan prajurit Kodim 0732/Sleman dalam menangani bencana gunung meletus di wilayah lereng merapi yang menjadi dampak letusan Gunung Merapi di wilayah cangkringan kab Sleman.

Dandim 0732/Sleman Letkon Inf Diantoro S.I.P Sebagai pengendali Latihan  posko mengatakan keberadaan Gunung Merapi  yang meliputi wilayah Kinahrejo, Cangringan Sleman perlu diwaspadai. Meski saat ini status gunung berapi  masih Normal. 

"Kewaspadaan harus terus ditingkatkan karena tidak ada yang bisa memperkirakan kapan gunung Merapi akan meletus. Masyarakat di kaki Gunung Merapi yakni di lereng Merapi Cangkringan , Kinah rejo dan sekitarnya harus memiliki kewaspadaan tinggi," ujar Dandim Sleman.

Menurut Dandim latihan yang diikuti oleh 150-an personil ini diharapkan bisa menyiapkan personil TNI dalam membantu pemerintah daerah menanggulangi bencana alam gunung meletus. Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsi TNI dalam kegiatan perang maupun nonperang. 

Dalam kegiatan non perang, TNI berkewajiban membantu tugas-tugas pemda, termasuk dalam hal penanggulangan dan penanganan bencana.
Selain itu, Latihan posko juga dilakukan untuk menentukan tupoksi masing-masing elemen, siapa berbuat apa dan bagaimana jika benar terjadi bencana itu.

Kesigapan prajurit, lanjut Letkon Inf Diantoro S.I.P tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat melainkan dengan latihan yang terus-menerus. Oleh karena itu latihan harus menjadi kebutuhan mendasar bagi prajurit agar ketika terjadi bencana bisa sigap dalam bertindak.

"Apalagi, tantangan ke depan para prajurit semakin berat. Hasil perencanaan Latihan posko  ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan para pengambil kebijakan di pemerintah di Kab Sleman." (*)

BERITA REKOMENDASI