Koi Afkir Bermanfaat Untuk Pakan Ikan Predator

Editor: KRjogja/Gus

KOI termasuk jenis ikan hias yang banyak dicari saat ada wabah virus Corona. Ikan dengan pola ataupun corak warna unik ini dapat dijadikan sarana hiburan tersendiri dan diharapkan bisa berperan meningkatkan imunitas tubuh.

Tempat memelihara koi pun bisa di kolam, akuarium ataupun wadah lain asal kualitas airnya bagus. Dengan kata lain, tak sampai kekurangan oksigen. Adapun warna ikan koi yang banyak dicari penggemar ikan koi yang sudah pengalaman, biasa bukan yang warna polos. Pasalnya, koi dengan warna polos seperti putih polos (siromuji) dan merah polos dada putih (beni goi) sering menjadi koi afkir.

Menurut praktisi pembudidaya koi asal Ngluwar Magelang, Aris Hartono, koi afkir dapat dijadikan sebagai ikan konsumsi. Ukuran serta cita rasa daging mirip dengan tombro, ada juga yang meyakini lebih gurih. Selain itu jika masih kecil-kecil dapat dijadikan sebagai pakan ikan terutama untuk ikan-ikan predator. Selain yang warna polos, koi afkir ada juga yang warna kuning-hitam(akabeko) serta ada cacat di tubuh, kepala, sirip ataupun ekor.

“Seleksi kualitas koi dapat dilakukan beberapa tahap. Paling kecil biasanya saat koi seukuran jempol tangan orang dewasa,” ungkap Aris, baru-baru ini.

Suatu hal disyukuri, ia serta mitra-mitra petani koi sudah memiliki pihak yang siap menampung koi-koi afkir baik saat masih ukuran kecil maupun sudah layak konsumsi. Bahkan disetori berapa pun siap menerimanya. Sedangkan untuk pembeli koi-koi berkualitas, pihaknya juga sudah memiliki tim tersendiri, biasanya dalam satu kabupaten atau satu provinsi cukup satu. Satu di antaranya Ryan asal Semarang yang rutin membeli koi-koi berkualitas dengan panjang badan minimal 15 cm.

“Saat ini dalam tim kami dapat dikelompokan menjadi empat, yaitu peternak, petani pembesaran, bakul atau pemasaran dan sponsor untuk koi kontes,” jelasnya.

Ditambahkan, indukan-indukan koi di timnya terutama berasal dari mantan koi kelas kontes dan koi import. Jenis koi yang banyak dihasilkan, misalnya memiliki pola warna kombinasi merah-putih (kohaku), putih-merah-hitam (sowa), hitam-putih (bodo goromo), merah tembaga-abu-abu (gosiki) dan putih-kuning (hariwake). (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI