Komar Gelar Diskusi: Radikalisme Jangan jadi Isu Musiman

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mahasiswa Yogya yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Anti Radikalisme (Komar) menyelenggarakan diskusi tentang radikalisme, Sabtu (26/2/2022) di kawasan Nologaten Sleman. Dalam diskusi yang dikemas santai tersebut, dibahas bagaimana isu anti radikalisme seringkali jadi momen musiman di Indonesia.

Fahri, pemantik diskusi mengatakan radikalisme tanpa disadari sudah semakin luas penyebarannya di Indonesia. Komar menurut dia hadir untuk secara sadar mengajak anak-anak muda agar tidak mudah didoktrin oleh kelompok radikal.

“Kita mahasiswa mempunyai wawasan atau ide-ide baru dan lebih terbuka, harus mampu memberikan terobosan baru terhadap masyarakat yang tidak sadar akan hal itu. Radikalisme ini merupakan hal yang paling penting kita bahas, sebab radikalisme merupakan hal yang paling urgen dalam suatu negara, apalagi negara Indonesia,” ungkapnya.

Sampai saat ini, masih jarang kalangan mahasiswa membahas isu-isu agama, nasionalisme, maupun kesadaran terkait masalah pemahaman tentang bela negara. Padahal, jaringan radikalisme di Indonesia memiliki akses tertutup dengan pendanaan tidak langsung, salah satunya kotak-kotak amal yang disebar di seluruh pelosok tanah air.

“Kotak amal yang diberikan oleh kelompok radikal itu merupakan hal yang paling sederhana yang tanpa disadari masyarakat bahwa kotak amal itulah merupakan rangkaian yang dibuat oleh kelompok radikal untuk menjalankan organisasinya agar lebih maju. Kotak amal itu sudah banyak di Indonesia dan tersebar luas di beberapa daerah di seluruh Indonesia,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI