Kondisi Merapi Memburuk, TPS Khusus di Barak Pengungsian Bakal Disiapkan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY dan Sleman menyarankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada di daerah rawan terdampak erupsi Merapi direlokasi ke barak pengungsian. Hal itu untuk menyesuaikan kondisi dan situasi yang ada di daerah Gunung Merapi.

Anggota Bawaslu DIY Amir Nasirudin menjelaskan, jika memang kondisi Gunung Merapi masih berstatus Siaga, pihaknya menyarankan TPS di daerah rawan terdampak erupsi di pindah ke barak pengungsian. “Kami sarankan untuk direlokasi ke barak pengungsian saja untuk TPS yang rawan bencana. Hal itu akan kami koordinasikan dengan KPU Sleman,” kata Amir saat berkunjung ke Barak Pengungsian Glagaharjo Cangkringan, kemarin.

Menurutnya, dikarenakan ini merupakan kondisi tanggap darurat, untuk perlakuannya supaya disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Termasuk masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya di TPS barak pengungsian. “Untuk berapa TPS yang perlu direlokasi perlu dikoordinasikan dengan kapanewon setempat. Tapi untuk pemilih yang menggunak hak pilihnya di TPS itu bisa menyesuaikan perpindahan penduduk. Soalnya kalau bencana itu ada pengaturan khusus,” terang Amir.

BERITA REKOMENDASI