Kontingen Kecamatan Sleman Terbaik Pertama

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kontingen kethoprak dari Kecamatan Sleman meraih sebagai penyaji terbaik pertama pada Festival Kethoprak antar Kecamatan se-Kabupaten Sleman Tahun 2018, yang umumkan tadi pagi Rabu 27 Juni 2018 Jam 01.00 WIB. Kontingen Kecamatan Sleman membawakan lakon 'Satriya Pinilih' dan mampu menyisihkan 16 kontingen kecamatan lainnya se-Kabupaten Sleman dengan nilai 815.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantara SH MHum, usai pengumuman pemenang Rabu 27 Juni 2018 mengatakan bahwa penilaian festival kethoprak tersebut dilaksanakan secara profesioan yang dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten dibidangnya, yaitu Drs. Purwatmadi, Akhirulusono, S.Sn dan Pardjoyo, S.Sn. Atas perolehan sebagai penyaji terbaik pertama kontingen Kecamatan Sleman berhak atas trofi dan uang pembinaan sebesar Rp.6 juta. Festival Ketoprak antar Kecamatan se Kabupaten Sleman Tahun 2018 berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 21 – 26 Juni 2018 di Kompleks Kecamatan Turi Sleman.

Penyaji terbaik kedua diraih kontingen Kecamatan Gamping yang membawakan lakon 'Semboja Kapugeran' dengan nilai 810. Terbaik kedua berhak atas trofi dan uang pembinaan Rp 5 juta. Dan penyaji terbaik ketiga diraih kontingen Kecamatan Berbah dengan lakon 'Gerombolan Gagak Seta' dengan nilai 800. Kontingen Berbah memperoleh trofi dan uang pembinaan sebesar Rp 4 juta. 

Juara harapan pertama diraih oleh kontingen Kecamatan Godean dengan lakon 'Nalisir Saka Bebener' dengan nilai 775 memperoleh tropy dan uang pembinaan sebesar Rp.3,25 juta dan juara harapan kedua Kecamatan Turi dengan lakon 'Ranggalawe' dengan nilai 750 memperoleh tropy dan uang pembinaan sebesar Rp.3 juta. Selain itu, terpilih sebagai sutradara terbaik Sugiman Dwi Nurseto dari kontingen Kecamatan Sleman, penata iringan terbaik Mara Wasis Pambayun Putra dari kontingen Kecamatan Sleman, penata busana terbaik Retno Mursilah dari kontingen Kecamatan Berbah, dan penata artistik terbaik Karyadi dari kontingen Kecamatan Gamping.

Pemeran putra terbaik adalah Suryono dari kontingen Kecamatan Berbah, pemeran putri terbaik Rara Lembah dari kontingen Kecamatan Gamping. Pemeran pembantu putra terbaik Bumi Woro dari kontingen Kecamatan Sleman, dan pemeran pembantu putri terbaik Ken Danis dari kontingen Kecamatan Godean. Sedangkan untuk kategori pembinaan terbaik diraih oleh kontingen Kecamatan Tempel. (*)

BERITA REKOMENDASI