Kopi Kethip, Kebun Kosong Disulap Jadi Kafe

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 memiliki dampak ekonomi di masyarakat yang luar biasa. Untuk menghadapi situasi seperti sekarang, pemberdayaan ekonomi masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengurangi pengangguran.

Langkah positif yang dilakukan oleh pemuda dan masyarakat Sebaran Sidoarum Godean patut dicontoh. Mereka menyulap kebun kosong milik salah satu warga menjadi angkringan ala kafe. Angkringan yang dinamai Kopi Kethip ini untuk memberdayakan pemuda dan masyarakat Sebaran.

Dukuh Sebaran Iwan Daru menuturkan, kebun seluas 1.300 meter persegi ini sebelumnya tidak terpakai. Kemudian akhir 2018, kebun kosong ini dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi Pasar Kethip. ”Pasar Kethip ini dulunya buka setiap hari Minggu Legi. “Pasar itu hanya menjajakan aneka makanan tradisional dari warga Sebaran,” ujarnya.

Namun saat pandemi Covid-19 melanda, Pasar Kethip tidak buka. Ternyata pada saat pandemi banyak pemuda Sebaran yang kecanduan game online karena tidak sekolah atau bekerja di rumah.

Untuk mengurangi kecanduan game online, akhirnya para pemuda bersama warga mempunyai inisiatif membuat angkringan di lokasi kebun kosong tersebut. Warga bersama pemuda kemudian menyulap kebun kosong menjadi angkringan ala kafe. Dimana kebun itu dilengkapi gubuk dan lampu-lampu agar lebih terang.

”Kami ingin membuat pembeli ini bisa menikmati jajanan angkringan dan nyaman untuk ngobrol atau nongkrong,” papar Iwan. (Sni)

BERITA REKOMENDASI