KPS Angkat Sleman Dari Bidang Seni Rupa

Editor: KRjogja/Gus

KOMUNITAS Perupa Sleman (KPS) adalah kumpulan para pegiat seni rupa yang ada di Kabupaten Sleman, baik itu seni lukis, seni patung, seni kriya, seni kaligrafi serta seni kontemporer dan tradisional. Berdiri tahun 2019 dengan alamat sekretariat di Dusun Dagen RT 03/RW 25, Sidoarum, Godean, Sleman.

“Kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan adalah seminar, diskusi, workshop, pameran lukis dan lomba,” ungkap Ketua KPS Dody Triharyanto atau akrab dipanggil Dody Tepi Zaman dalam pesan singkatnya melalui Whatshap (WA) kepada Kepala Bidang Dokumentasi, Sarana dan Prasarana Kebudayaan Dinas Kebudayaan Sleman Wasita SS, MAP di kantornya, Selasa (8/9) diteruskan kepada KR.

Tujuan dibentuknya komunitas antara lain mengembangkan dan memajukan seni rupa, melatih dan membimbing untuk mengangkat dan melestarikan seni budaya yang ada di kabupaten Sleman. Disamping itu juga membantu pemerintah daerah dalam pengembangan seni budaya, sehingga berfungsi membantu mengembangkan potensi, serta menyalurkan minat dan bakat seni rupa dan menanamkan nilai luhur seni budaya yang ada di Kabupetan Sleman.

Menurut Dody Tepi Zaman, jumlah anggota KPS saat ini ada 30 orang, belum lama ini sekitar 24 orang telah menggelar pameran ‘Kala Rupa’ bertempat di Galeri ‘Omahe Kartika’ Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman yang mendapat perhatian besar dari masyarakat baik kalangan seniman, budayawan serta sastrawan dari Sleman dan DIY.

“Yang membanggakan dan menarik pada pameran terebut hadir beberapa kolektor dari Jakarta, sempat melihat pameran dan berkeinginan untuk mengkoleksinya,” tambah Dody Zaman. KPS juga merupakan induk organisasi sanggar-sanggar seni rupa yang ada di Kabupaten Sleman, yang kini hampir di tiap kecamatan sudah ada, tambah Sekretaris Agus Nuryanto.

BERITA REKOMENDASI